Pemerintah Pusat Pangkas Anggaran untuk Citarum

    Roni Kurniawan - 26 November 2018 14:36 WIB
    Pemerintah Pusat Pangkas Anggaran untuk Citarum
    Gubernur Ridwan Kamil bersama para guru di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin 26 November 2018.



    Bandung: Pemerintah pusat mengurangi anggaran untuk penanganan Sungai Citarum pada 2019 nanti. Pasalnya pemerintah pusat hanya menganggarkan dana sebesar Rp700 miliar untuk penanganan Sungai Citarum tahun depan.

    Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil), pemerintah pusat tidak mengucurkan dana Rp1 triliun untuk penanganan Sungai Citarum pada 2019 nanti. Jumlah itu berkurang sebesar Rp300 miliar dibandingkan pada 2018 ini.

     



    "Anggaran pusat enggak Rp1 triliun, jadi Rp700 miliar. Iya (dikurangi) ternyata tidak sesuai yang saya kira," kata Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin 26 November 2018.

    Namun Emil mengaku tidak mengetahui secara detail bagian yang dipangkas dalam penanganan Sungai Citarum. Pasalnya anggaran tersebut murni dari pemerintah pusat tanpa melibatkan pemerindah daerah.

    "Saya enggak hapal, karena itu anggarannya bukan anggaran yang diketahui secara detail oleh kita. Itu lintas lembaga, nanyanya harus ke Menteri," sambungnya.

    Akan tetapi Emil memastikan anggaran tersebut berbeda dengan yang diusulkan oleh Pemprov Jabar untuk penanganan Citarum pada 2019 nanti. Pasalnya Pemprov Jabar mengusulkan anggaran sebesar Rp600 miliar yang akan dikelola langsung bersama TNI di Jabar.

    "Untuk Citarum. Kita meminta dana sampai Rp600 miliar. Setengahnya untuk TNI, setengahnya untuk pembelian danau retensi, pembelian backhoe, mesin sampah, dan pengelolaan sampah," tegas Emil.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id