Ban Kendaraan Parkir Liar di Bandung Digembosi

    P Aditya Prakasa - 14 Juni 2019 16:36 WIB
    Ban Kendaraan Parkir Liar di Bandung Digembosi
    Petugas Lalu Lintas Polrestabes Bandung dan Dishub Kota Bandung melakukan penertiban parkir liar di beberapa titik di Kota Bandung. Medcom.id/P. Aditya Prakasa
    Bandung: Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung menertibkan parkir liar kendaraan dua maupun empat di beberapa titik di Kota Bandung. Kendaraan yang parkir di bahu jalan maupun trotoar diberikan tilang sampai digembosi ban.

    Wakil Kepala Satlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan penertiban dilakukan agar tidak menggangu arus lalu lintas dan fasilitas pejalan kaki. Saat penertiban, banyak ditemui kendaraan yang parkir di bahu jalan dan ditinggalkan pemiliknya.

    "Penertiban parkir ini sengaja kita lakukan karena sebetulnya Bandung itu harus diciptakan lalu lintas yang tertib. Karena Kota Bandung adalah destinasi wisata dari masyarakat, tidak hanya di seputaran Kota Bandung saja tapi dari luar Kota Bandung," kata Bayu di Markas Polrestabes Bandung, Jumat 14 Juni 2019.

    Bayu mengatakan jumlah kendaraan si Kota Bandung dipastikan meningkat  pada hari-hari tertentu atau di akhir pekan. Namun, jalan di Kota Bandung memiliki keterbatasan.

    "Ini coba ditertibkan dengan harapan apabila ruas jalan yang ada rambu parkir ditertibkan, kemacetan bisa ditanggulangi," ucap dia.

    Di Kota Bandung, kata dia, beberapa jalan yang kerap terdapat pelanggaran parkir liar, salah satunya di Jalan LL. RE Martadinata, Jalan Dr. Djunjunan, dan di kawasan Dago.

    Kepala Unit Penegakan Hukum Dinas Perhubungan Kota Bandung Bondan Irawan mengatakan, puluhan kendaraan roda dua dan empat telah ditertibkan maupun dicabut pentil ban. Penertiban tersebut telah rutin dilakukan guna menyadarkan masyarakat agar mentaati rambu-rambu lalu lintas.

    "Jadi yang dicabut pentil ada 20, yang ditilang 22, motor yang diangkut satu, dan yang lainnya diberi imbauan, keseluruhannya ada 46. Kegiatan ini rutin dilakukan tapi mungkin dirasakan hasilnya belum maksimal, karena tetap butuh bantuan masyarakat dalam hal ini untuk tetap bisa disiplin," kata Bondan.
     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id