• DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK : Tanggal 21 SEP 2018 terkumpul RP 20.111.147.901

Tahun Depan, Setiap RW di Bandung Dapat Rp200 Juta

Roni Kurniawan - 14 September 2018 20:11 wib
Ilustrasi. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay.
Ilustrasi. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay.

Bandung: Pemerintah Kota Bandung akan memberikan anggaran bagi setiap rukun warga (RW) sebesar Rp200 juta pada tahun 2019. Anggaran tersebut merupakan program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) yang awalnya sebesar Rp100 juta per-RW.

Kenaikan anggaran PIPPK tersebut merupakan janji kampanye dari pasangan terpilih di Pilkada serentak 2018 yakni Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Oded yang kini menjabat sebagai Plt Wali Kota Bandung telah mengumpulkan para camat sebagai stakeholder PIPPK untuk membuat konsep teknis penggunaan anggaran.

"PIPPK ini banyak aspirasi dan harapan masyarakat. Kepada ibu Asisten Pemerintahan dan Kesra, Bagian Pemerintahan serta seluruh camat untuk membangun atau membuat sebuah konsep yang teknis untuk memudahkan para ketua RW. Tahun depan naik jadi Rp200 juta setiap RW pertahun," kata Oded di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jawa Barat, Jumat, 14 September 2018.

Program tersebut telah dilakukan di masa Wali Kota Ridwan Kamil bersama Oded sebagai Wakil Wali Kota. Dana tersebut pun digunakan untuk berbagai kebutuhan di setiap lingkungan RW. Mayoritas digunakan untuk pembangunan serta perbaikan infrastruktur.

"Semuanya untuk kebutuhan di setiap wilayah. Makanya dalam pengajuan harus tahu betul apa saja yang dibutuhkan agar anggarannya terserap semua," jelas Oded.

Oded merencanakan, PIPPK berjalan dengan sistem swakelola. Oded percaya, swakelola mampu memberikan efisiensi waktu maupun lebih produktif dalam pemberdayaan kepada masyarakat. 

"Karena kalau masih dengan pihak ketiga berarti judulnya harus diganti hanya PIP saja. Kan kita punya PIPPK, sehingga aspek dimensi pemberdayaan harus terwujud," pungkas Oded.

Di Bandung terdapat 48.147 RW. Maka jika setiap RW mendapatkan kucuran dana sebesar Rp200 juta pertahun, maka Pemkot Bandung akan menggelontorkan hampir Rp10 miliar pertahun untuk program PIPPK.


(DEN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.