Misi Penyelamat Berakhir dengan Tragedi

    Wahyu Dwi Anggoro - 23 Februari 2021 19:17 WIB
    Misi Penyelamat Berakhir dengan Tragedi
    Pesawat militer Nigeria yang jatuh pada akhir pekan lalu. Foto: AFP
    Lagos: Minggu 21 Februari 2021, militer Nigeria dalam menjalani misi suci menyelamatkan anak-anak sekolah yang diculik oleh kelompok militan Boko Haram. Namun perjalanan itu berakhir dengan tragedi memilukan.

    Angkatan udara Nigeria mengatakan, pesawat mereka jatuh tak lama setelah lepas landas dari bandara Abuja pada Minggu pagi. Kecelakaan ini menewaskan semua orang di dalamnya.

    Baca: 7 Orang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Nigeria.

    Seorang juru bicara militer mengatakan kepada CNN bahwa pesawat itu dalam operasi pengawasan di Negara Bagian Niger. Ini sebagai bagian dari upaya untuk menyelamatkan setidaknya 42 anak sekolah dan anggota staf yang diculik oleh pria bersenjata dari Sekolah Sains Pemerintah Kagara Rabu lalu. Seorang siswa tewas dalam serangan itu.

    Wakil Marsekal Udara Ibikunle Daramola mengatakan, kepada CNN pada Senin bahwa angkatan udara telah menyumbangkan pesawat militer tersebut kepada satuan tugas gabungan yang mengkoordinasikan operasi penyelamatan di Kagara.

    "Upaya penyelamatan sedang dikoordinasikan oleh tim multi pasukan.Pesawat yang jatuh itu merupakan bagian dari kontribusi angkatan udara untuk misi penyelamatan," tambah Daramola, seperti dikutip dari CNN Selasa 23 Februari 2021.

    Daramola mengatakan kepada CNN bahwa angkatan udara akan terus mendukung operasi penyelamatan. Dia menambahkan bahwa semua keluarga personel telah diberitahu, dan penyelidikan diluncurkan.

    Upaya penyelamatan yang sedang berlangsung mengikuti arahan Presiden Muhammadu Buhari kepada angkatan bersenjata dan polisi untuk memastikan semua tawanan diselamatkan.

    Kecelakaan maut

    Kecelakaan terjadi saat pesawat Beechcraft KingAir B350i tujuan kota Minna berputar balik ke bandara Abuja usai melaporkan adanya kerusakan mesin. Minna adalah sebuah kota yang berlokasi sekitar 110 kilometer dari Abuja, ibu kota Nigeria.

    Di area rerumputan di luar bandara Abuja, puluhan pejabat bandara dan perwira militer menelusuri puing pesawat yang hancur dan hangus terbakar. Mobil pemadam kebakaran dan ambulans bersiaga di lokasi.
     
    Bau bahan kimia begitu menyengat di lokasi kejadian. Angkatan Udara Nigeria mengatakan investigasi penyebab terjadinya kecelakaan sedang berlangsung.

    Sejumlah saksi mata melihat langsung jatuhnya pesawat. "Semua orang di dekat lokasi berteriak," tutur Olugbenga Alaade, seorang pegawai pemerintah yang bekerja di bandara Abuja sejak sembilan tahun terakhir.
     
    Serangkaian foto dari lokasi kejadian memperlihatkan asap hitam mengepul dari beberapa bagian pesawat. Saksi mata mengaku melihat pesawat yang berusaha berputar balik ke arah bandara, namun jatuh sebelum sempat mencapai landasan pacu.

    (WAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id