Militer Sudan akan Keluar dari Panggung Politik usai Pemilu 2023

    Willy Haryono - 05 Desember 2021 12:51 WIB
    Militer Sudan akan Keluar dari Panggung Politik usai Pemilu 2023
    Jenderal Abdel Fattah al-Burhan dalam wawancara bersama AFP pada 4 Desember 2021. (Ebrahim Hamid/ AFP)



    Khartoum: Jenderal Abdel Fattah al-Burhan mengatakan bahwa militer Sudan akan keluar dari panggung politik setelah berlangsungnya pemilihan umum nasional di tahun 2023. Pernyataan disampaikan Burhan dalam salah satu wawancara dengan kantor berita internasional pada Sabtu, 4 Desember.

    Burhan memimpin jalannya kudeta militer di Sudan pada akhir Oktober, yang otomatis menghentikan jalannya pemerintahan transisi yang dipimpin Perdana Menteri Abdalla Hamdok. Namun pada 21 November, Burhan membuat sebuah perjanjian yang memulihkan kembali kekuasaan PM Hamdok.

     



    Dalam perjanjian itu, PM Hamdok akan memimpin kabinet teknokrat menuju pemilu Sudan 2023.

    "Saat sebuah pemerintahan sudah terbentuk nanti, saya rasa militer, pasukan bersenjata, atau badan keamanan lainnya tidak akan berpartisipasi dalam politik. Ini yang sudah kami sepakati," kata Burhan, dikutip dari laman Al Jazeera, Minggu, 5 Desember 2021.

    Kudeta Sudan dua bulan lalu memicu kecaman luas dari dalam dan luar negeri. Saat kudeta terjadi, PM Hamdok dijadikan tahanan rumah dan sejumlah politisi Sudan lainnya juga ditahan pihak militer.

    Berbagai partai politik Sudan mengecam keras kudeta. Mereka menolak adanya perjanjian apapun dengan militer, termasuk yang sudah disepakati PM Hamdok.

    Baca:  PM Sudan Menyepakati Perjanjian dengan Militer Demi Mencegah Perang Saudara

    Setidaknya 44 orang tewas dalam bentrokan menentang kudeta di Sudan sejak Oktober lalu. Banyak dari mereka, menurut keterangan tenaga medis, meninggal akibat terkena tembakan senjata api petugas keamanan.

    "Investigasi mengenai korban unjuk rasa sudah dimulai untuk mengidentifikasi para pelaku dan menghukum mereka," tutur Buurhan. Ia mengklaim pasukan keamanan Sudan hanya membubarkan aksi protes non-damai.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id