Taliban-Afghanistan Sepakati Gencatan Senjata Selama Lebaran

    Marcheilla Ariesta - 24 Mei 2020 17:04 WIB
    Taliban-Afghanistan Sepakati Gencatan Senjata Selama Lebaran
    Afghanistan-Taliban sepakat gencatan senjata selama Lebaran. (Foto: AFP).
    Kabul: Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengumumkan gencatan senjata selama tiga hari selama Idulfitri dengan Taliban. Gencatan senjata tersebut mulai berlaku hari ini, Minggu 24 Mei 2020.

    "Saya menerima pengumuman gencatan sejata oleh Taliban. Pemerintah Afghanistan memperpanjang penawaran damai," kata Ghani, dilansir dari laman Mehr News.

    "Sebagai Panglima Tertinggi, saya telah menginstruksikan ANDSF (militer Afghanistan) untuk mematuhi gencatan senjata tiga hari dan melakukan pembelaan hanya jika diserang," imbuh Ghani.

    Pengumuman gencatan senjata Taliban menyusul pesan Idulfitri dari ketua kelompok tersebut. Pemimpin Taliban mengatakan bahwa mereka akan berkomitmen untuk perjanjian damai, tidak memonopoli kekuasaan dan berjanji menjamin hak-hak perempuan dan laki-laki di bawah sistem Islam.

    Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyambut pengumuman tersebut. Dia mendesak semua pihak untuk mengambil kesempatan baik ini untuk berdamai.

    "Sekjen PBB meminta semua pihak mengambil kesempatan dan merangkul proses perdamaian di Afghanistan ini," tutur juru bicara PBB Stephane Dujarric.

    Pada 23 Maret lalu, Guterres menyerukan gencatan senjata di semua negara konflik untuk mengatasi pandemi virus korona. Dia menekankan hanya perdamaian yang bisa mengakhiri konflik dan penderitan di Afghanistan.

    "PBB berkomitmen mendukung orang-orang dan pemerintah Afghanistan dalam upaya penting ini," imbuh Dujarric.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id