Tunisia dalam Kecauan Politik, Presiden Kais Saied Pecat Panyak Pejabat

    Juven Martua Sitompul - 29 Juli 2021 05:04 WIB
    Tunisia dalam Kecauan Politik, Presiden Kais Saied Pecat Panyak Pejabat
    Pesiden Tunisia Kais Saied memecat lebih banyak pejabat. Foto: AFP



    Tunis: Tunisia terperosok lebih jauh ke dalam ketidakpastian politik pada Rabu. Ini dipicu oleh keputusan Presiden Kais Saied memecat lebih banyak pejabat, setelah ia menangguhkan parlemen dan mengambil alih kekuasaan eksekutif dalam apa yang disebut lawan sebagai ‘kudeta’.

    Kelompok-kelompok masyarakat sipil utama memperingatkan terhadap perpanjangan "tidak sah" dari penangguhan 30 hari parlemen Saied. mereka menuntut dalam pernyataan bersama garis waktu untuk tindakan politik.

     



    Setelah menangguhkan parlemen dan memecat Perdana Menteri Hichem Mechichi pada  Minggu, dan memecat menteri pertahanan dan kehakiman pada Senin. Selasa malam, Saied, 63 tahun memecat menteri pertahanan dan kehakiman pada Senin.

    Saied kemudian memerintahkan pemecatan beberapa pejabat tinggi.

    Dia juga telah mencabut kekebalan parlemen dari anggota parlemen, dan mengambil alih kekuasaan kehakiman. Saied mengatakan tindakannya dibenarkan di bawah konstitusi, yang memungkinkan kepala negara untuk mengambil tindakan luar biasa yang tidak ditentukan jika terjadi "ancaman yang akan segera terjadi".

    Di atas gejolak politik, negara Afrika Utara itu dilanda krisis ekonomi yang melumpuhkan termasuk melonjaknya inflasi dan pengangguran yang tinggi, serta melonjaknya infeksi covid-19.

    Tuntutan warga

    Partai Islam moderat Ennahdha, yang merupakan faksi terbesar dalam pemerintahan koalisi, telah menyebut perebutan kekuasaan sebagai "kudeta”. Sementara AS, Uni Eropa dan kekuatan lainnya telah menyuarakan keprihatinan yang kuat.

    Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian pada Rabu mendesak Tunisia untuk segera menunjuk perdana menteri dan pemerintahan baru.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id