2 Surat dari Arab Tak Spesifik Tunda Penyelenggaraan Haji

    Fajar Nugraha - 19 Maret 2020 13:31 WIB
    2 Surat dari Arab Tak Spesifik Tunda Penyelenggaraan Haji
    Virus korona sempat memaksa Pemerintah Arab Saudi menutup Mekkah. Foto: AFP
    Jakarta: Kedutaan Besar Arab Saudi menyampaikan surat kepada pihak Kementerian Luar Negeri RI dan Kementerian Agama. Surat tersebut membahas pengaruh virus korona covid-19 pada Musim Haji 1441 Hijriah.

    Surat tersebut dari Menteri Urusan Haji dan Umrah Kerajaan Arab Sadi Mohammed Salet T.Banten kepada Menteri Agama Fachrul Rozi.

    “Hal itu terkait instruksi kepada Kantor Urusan Haji Indonesia untuk menunda penyelesaian kewajiban baru terkait Musim Haji 1441 H hingga jelasnya wabah korona covid-19,” isi surat tersebut, yang ditujukan ke Kemenlu RI.

    Sementara dalam surat lain yang diarahkan ke Menteri Agama Fachrul Rozi, disarankan rekomendasi otoritas kesehatan untuk menerapkan standar kehati-hatian yang tinggi guna memblokade virus dan penularannya secara regional dan internasional.

    “Rekomendasi itu juga disebutkan untuk meningkatkan langkah-langkah pencegahan demi memberikan perlindungan maksimal, serta menerapkan standar keselamatan untuk menjaga ksehatan pada pengunjung Masjidil Haram dan Masjid Nabawi,” imbuh isi surat kedua yang diarahkan ke Menag.

    Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel membenarkan mengenai keberadaan surat itu. Dia menegaskan ini bukan pembatalan Haji.

    “Bukan pembatalan (Haji), hanya antisipasi (virus korona) saja,” tuturnya kepada Medcom.id, Kamis, 19 Maret 2020.

    Hingga saat ini 171 warga Arab Saudi dipastikan positif terinfeksi virus korona. Enam orang sembuh dari infeksi virus korona.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id