comscore

31 Orang Tewas Terinjak-injak dalam Acara Amal di Nigeria

Willy Haryono - 29 Mei 2022 09:27 WIB
31 Orang Tewas Terinjak-injak dalam Acara Amal di Nigeria
Lokasi terjadinya peristiwa terinjak-injak yang menewaskan 15 orang di Nigeria, 13 Februari 2019. (Yasuyoshi CHIBA / AFP)
Rivers: Setidaknya 31 orang tewas terinjak-injak dan tujuh lainnya terluka dalam sebuah acara amal gereja di Nigeria selatan pada Sabtu, 28 Mei 2022. Tragedi ini terjadi di sebuah acara yang diharapkan penyelenggara mampu "memberikan harapan" kepada orang yang membutuhkan.

"Peristiwa terjadi di gereja Kings Assembly di negara bagian Rivers yang didatangi banyak orang," ucap juru bicara kepolisian setempat, Grace Iringe-Koko, dikutip dari laman Guardian.
Sebagian besar korban adalah pengunjung acara amal "Shop for Free" yang digelar pihak gereja. Acara semacam itu umum digelar di Nigeria, negara dengan perekonomian terbesar di benua Afrika, di mana lebih dari 80 juta orang hidup miskin.

Acara amal di Rivers pada Sabtu kemarin seharusnya berlangsung pukul 09.00 pagi waktu setempat, namun sudah banyak warga berdatangan sejak subuh. "Entah bagaimana, mereka berhasil menjebol gerbang gereja," sebut Iringe-Koko.

Kekacauan pun terjadi setelahnya. Video dari lokasi kejadian memperlihatkan pakaian, sepatu dan berbagai benda lain yang dipersiapkan untuk dibagikan kepada warga.

Seorang saksi mata bernama Daniel mengatakan bahwa ada "banyak anak-anak" tewas dalam kejadian itu, dengan lima di antaranya berasal dari seorang ibu. "Seorang ibu hamil juga tewas dalam tragedi itu," ucapnya.

Beberapa anggota gereja diserang keluarga korban usai tragedi. Pihak gereja menolak berkomentar atas hal tersebut.

Acara Shop for Free ditangguhkan selama otoritas setempat menyelidiki penyebab terjadinya tragedi terinjak-injak.

Nigeria telah beberapa kali mengalami peristiwa terinjak-injak. Sebanyak 24 orang tewas dalam perkumpulan gereja di Anambra, Nigeria, pada 2013. Satu tahun kemudian, sekitar 16 orang tewas tewas terinjak-injak dalam acara bursa kerja di Abuja.

Baca:  Pembagian Bantuan di Niger Ricuh, 20 Orang Tewas

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id