Arab Saudi Umumkan Rencana Nol Emisi Karbon 2060, Cek Detailnya

    Willy Haryono - 23 Oktober 2021 18:03 WIB
    Arab Saudi Umumkan Rencana Nol Emisi Karbon 2060, Cek Detailnya
    Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman menyampaikan pengumuman target nol emisi karbon di Forum Inisiatif Hijau Saudi (SGI), Sabtu, 23 Oktober 2021. (Fayez Nureldine / AFP)



    Riyadh: Arab Saudi berencana mencapai target nol emisi karbon di tahun 2060, ucap Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman dalam Forum Inisiatif Hijau Saudi (SGI) pada Sabtu, 23 Oktober 2021.

    Dalam sebuah pernyataan video, Pangeran Mohammed bin Salman mengatakan bahwa Arab Saudi sudah akan memangkas 278 juta ton emisi karbon di tahun 2030.

     



    "Rencana ini membutuhkan investasi senilai lebih dari 700 miliar riyal, yang akan menciptakan kesempatan bagi investor, membuka lapangan pekerjaan, dan pengembangan ekonomi hijau," ucap Pangeran Salman, dilansir dari The National.

    "Inisiatif Hijau Saudi akan membuka kesempatan investasi besar di sektor privat, bidang pekerjaan berkualitas bagi generasi mendatang, dan peningkatan hubungan internasional yang akan berdampak positif bagi kawasan dan global," sambungnya.

    Menjadi negara kedua setelah Uni Emirat Arab terkait nol emisi karbon, Arab Saudi bertekad mencapai target tersebut melalui pendekatan Ekonomi Sirkular Karbon. Pengumuman terbaru ini disampaikan menjelang konferensi tingkat tinggi perubahan iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia, bulan depan.

    Di sesi terpisah, Menteri Energi Pangeran Abdulaziz bin Salman optimistis target nol emisi karbon Arab Saudi dapat tercapai sebelum 2060.

    Baca:  Arab Saudi: Target Bebas Emisi Karbon Tidak Realistis

    Menurut Menteri Industri dan Teknologi UEA, Dr Sultan Al Jaber, pengumuman terbaru Saudi merupakan sebuah "inisiatif strategis jangka panjang yang tegas dan bersejarah."

    "Jika ini bisa terwujud, maka itu terjadi berkata kekuatan dan kedalaman Arab Saudi, yang dapat membuat seluruh dunia menjadi lebih serius dalam menanggulangi dampak perubahan iklim," ungkap Dr Al Jaber.

    Ia menyebut inisiatif Saudi seputar target nol emisi karbon merupakan langkah besar dalam dialog perubahan iklim yang dapat dijadikan contoh bagaimana kawasan dapat membantu mengatasi tantangan-tantangan global.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id