Tambang Emas di Liberia Runtuh, Belasan Orang Hilang

    Willy Haryono - 06 Mei 2020 18:04 WIB
    Tambang Emas di Liberia Runtuh, Belasan Orang Hilang
    Ilustrasi kegiatan di tambang emas. (Foto: AFP/File)
    Monrovia: Belasan hingga puluhan orang dinyatakan hilang dan dikhawatirkan sudah meninggal dunia dalam insiden runtuhnya sebuah tambang emas di Liberia. Agensi Manajemen Bencana Nasional Liberia (NDMA) menyebutkan laporan awal dua korban tewas, namun diduga angka sebenarnya lebih tinggi lagi.

    "Sebanyak 14 orang dari usia 20 hingga 28 tahun mengunjungi sebuah lokasi tambang pada malam hari. Mereka secara ilegal menggali tanah yang dianggap mengandung emas," kata Archievego Doe, juru bicara NDMA, dilansir dari Al Jazeera, Rabu 6 Mei 2020.

    "Empat dari mereka terjebak, dan membuat dua orang tewas dan dua terluka," lanjutnya.

    Edwin Koha, Wali Kota Grand Cape Mount, menyampaikan data berbeda. Menurutnya, jumlah korban hilang dalam insiden tersebut berkisar 50 orang. Satu hari usai menyampaikan pernyataan, ia bahkan mengklaim 60 orang tewas dalam insiden tersebut.

    Secara terpisah, Menteri Olahraga Liberia Milias Sheriff mengatakan kepada AFP bahwa, "sekitar 50 orang tewas, dan tim penyelamat sedang mencari korban hilang," ungkapnya.

    Juru bicara kepresidenan Liberia, Smith Tobey, mengonfirmasi insiden tersebut, namun tidak menyebutkan jumlah korban hilang atau tewas.

    "Kami belum mendapat informasi konkret dari sana. Sejumlah orang berkata korbannya 50 orang, tapi ada juga yang menyebutnya di atas 50," ucap Tobey.

    "Beberapa pejabat kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah telah pergi ke lokasi, tapi belum ada kabar lanjutan dari mereka," sambungnya.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id