comscore

Israel Kembali Serang Gaza, Tiga Petani Terluka

Medcom - 30 Desember 2021 15:42 WIB
Israel Kembali Serang Gaza, Tiga Petani Terluka
Pasukan Israel kerap melakukan kekerasan terhadap warga Palestina. Foto: AFP
Gaza: Israel disebut menyerang Jalur Gaza yang terkepung untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan hari ini. Dalam apa yang dikatakannya sebagai serangan balasan atas penembakan seorang kontraktor pertahanan di perbatasan.

Dilansir dari Morning Star, Kamis, 30 Desember 2021, Israel mengatakan, kontraktor itu tertembak di kaki dan terluka ringan. Mereka menegaskan bahwa tanggapannya adalah tembakan tank di sejumlah lokasi di Gaza Utara, yang menargetkan apa yang diklaimnya sebagai pos-pos militer Hamas.

 



Sebanyak tiga petani Palestina dilaporkan terluka dalam serangan itu, dengan foto-foto menunjukkan mereka dirawat di rumah sakit.

Serangan tersebut terjadi setelah sejumlah kelompok warga Palestina mengatakan bahwa intifada baru pecah di Tepi Barat, yang diduduki sebagai tanggapan atas gelombang kekerasan pemukim Israel.

Baru-baru ini, ratusan orang terluka dalam serentetan serangan. Hal ini menyebabkan sejumlah faksi Palestina menyerukan akhir pekan lalu, untuk pembentukan komite perlindungan lokal di Tepi Barat yang diduduki.

Sejumlah faksi tersebut menyerukan peningkatan “semua bentuk perlawanan” terhadap Israel. Sementara Otoritas Palestina memperingatkan bahwa Israel “bertanggung jawab penuh dan langsung atas perang ekspansionis dan kolonialis ini”.

“Eskalasi pasti akan mengarah pada intifada yang komprehensif dan mencela koordinasi keamanan antara Otoritas Palestina dan pasukan Israel,” ujar pihak Jihad Islam.

Hamas, kelompok  yang mengendalikan Jalur Gaza, dan Jihad Islam Palestina frustrasi dengan kebuntuan dalam pembicaraan gencatan senjata dengan Israel. Kelompok tersebut meningkatkan ancaman eskalasi mereka selama beberapa hari terakhir.
 
Beberapa kelompok pejuang di daerah kantong pantai itu menggelar latihan militer besar-besaran pada hari Senin, mempraktikkan serangan terhadap pasukan keamanan Israel. Ini termasuk Hamas, PIJ, Front Populer untuk Pembebasan Palestina, dan Komite Perlawanan Populer–koalisi sejumlah kelompok teroris kecil Palestina di Gaza. (Nadia Ayu Soraya)

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id