Kapal Pertama Melintasi Terusan Suez usai Krisis Ever Given

    Willy Haryono - 30 Maret 2021 13:55 WIB
    Kapal Pertama Melintasi Terusan Suez usai Krisis Ever Given
    Sejumlah orang menyaksikan kapal kargo raksasa Ever Given yang sudah sepenuhnya terbebas di Terusan Suez pada Senin, 29 Maret 2021. (Ahmad HASSAN / AFP)



    Suez: Kapal pertama melintasi Terusan Suez pada Selasa, 30 Maret 2021, usai berakhirnya krisis kargo raksasa Ever Given yang sempat menghalangi rute pelayaran tersebut selama lebih kurang enam hari. Krisis tersebut memicu kerugian hingga USD15 juta per hari dan juga membuat ratusan kapal terpaksa mengantre di mulut Terusan Suez, dan yang ada di dalam pelabuhan pun tak bisa keluar.

    Kantor berita New York Times melaporkan bahwa kapal bernama YM Wish diizinkan melintasi Terusan Suez pada Selasa dini hari pukul 01.15 GMT. Dari Terusan Suez, kapal tersebut bertolak menuju pelabuhan Jeddah, Arab Saudi, via Laut Merah.

     



    Menurut situs pemantau MarineTraffic.com, kapal-kapal lainnya juga melintasi Terusan Suez usai pelayaran YM Wish. Sebelumnya, Kepala Otoritas Terusan Suez (SCA) Osama Rabie mengatakan bahwa 113 kapal akan melintasi terusan dari kedua arah hingga Selasa pagi pukul 08.00 waktu setempat.

    Baca:  Kapal Kargo Raksasa Terbebas, Terusan Suez Dibuka Kembali

    Krisis Ever Given terjadi saat kapal raksasa berbobot 200 ribu ton itu tersangkut di area dangkal Terusan Suez usai terkena tiupan angin kencang dan badai pasir. Sejumlah negara asing sempat menawarkan bantuan kepada Mesir, termasuk Rusia, Amerika Serikat, Tiongkok, Yunani, dan Uni Emirat Arab.

    Laksamana Mohad Mamish, ajudan kepresidenan Mesir terkait urusan pelabuhan dan Terusan Suez, mengatakan kepada media Sputnik bahwa krisis Ever Given murni diakibatkan faktor cuaca, bukan sabotase.

    SCA mengatakan pihaknya tidak berencana melarang kapal seukuran Ever Given untuk melintasi Terusan Suez. SCA menyebut kapal yang berukuran lebih besar dari Ever Given sempat melintas beberapa saat tanpa masalah sebelum terjadinya krisis.

    Otoritas Mesir memperkirakan antrean kapal yang tertahan Ever Given akan dapat diselesaikan sekitar tiga hari ke depan. Namun sejumlah pakar meyakini efek dari krisis ini baru akan pulih sepenuhnya dalam hitungan pekan atau bulan.

    Ever Given kini ditarik ke Great Bitter Lake, area yang terletak antara dua bagian Terusan Suez, untuk menjalani pemeriksaan keamanan.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id