Iran Menilai Kebijakan Israel Tak Akan Berubah di Bawah Bennett

    Willy Haryono - 14 Juni 2021 16:44 WIB
    Iran Menilai Kebijakan Israel Tak Akan Berubah di Bawah Bennett
    Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh. (AFP)



    Teheran: Iran menilai kebijakan pemerintahan baru Israel di bawah Perdana Menteri Naftali Bennett, terutama di bidang hubungan luar negeri dan keamanan, tidak akan banyak berubah. Pernyataan disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatib Khatibzadeh pada Senin, 14 Juni 2021.

    Tadi malam, parlemen Israel atau Knesset mengesahkan pemerintahan baru Israel yang mendepak Benjamin Netanyahu untuk digantikan Bennett.

     



    "Saya rasa kebijakan-kebijakan Israel tidak akan berubah di dalam pemerintahan baru," kata Khatibzadeh, dilansir dari laman Haaretz.

    Iran merupakan musuh bebuyutan Israel. Selama ini, kedua negara saling melontarkan serangan, terutama terkait dengan program nuklir Iran. Israel meyakini Iran diam-diam tengah mengembangkan senjata nuklir, yang nantinya dapat dipakai untuk memperluas pengaruhnya di Timur Tengah.

    Teheran membantah semua tuduhan tersebut, dan menegaskan program nuklirnya dijalankan untuk tujuan damai.

    Berbicara usai pemungutan suara di Knesset, Bennett mengatakan bahwa Israel tidak akan membiarkan Iran memperoleh senjata nuklir. Pernyataan ini merupakan respons terhadap perkataan Netanyahu, yang menilai Bennett tidak akan mengambil tindakan tegas terhadap Iran.

    "Melanjutkan perjanjian nuklir dengan Iran adalah sebuah kesalahan yang akan melegitimasi salah satu rezim paling berbahaya di dunia," tutur Bennett.

    Sekitar dua jam usai voting di Knesset, Bennett berbicara dengan Presiden AS Joe Biden via telepon. "Kedua pemimpin sepakat untuk terus berkoordinasi atas segala hal terkait keamanan kawasan, termasuk soal Iran," sebut pernyataan Gedung Putih.

    Baca:  Naftali Bennett, Sosok Multidimensi yang Menjadi PM Baru Israel

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id