Badan Atom PBB Tak Bisa Mengakses Foto-Foto dari Situs Nuklir Iran

    Marcheilla Ariesta - 23 Mei 2021 17:05 WIB
    Badan Atom PBB Tak Bisa Mengakses Foto-Foto dari Situs Nuklir Iran
    Foto dari salah satu fasilitas nuklir di Iran. (AFP)



    Teheran: Badan Energi Atom Internasional (IAEA) tidak akan bisa lagi mendapatkan akses foto-foto di situs nuklir Iran. Hal ini dikonfirmasi ketua parlemen Iran dalam pengumuman yang disampaikan hari ini, Minggu, 23 Mei 2021.

    Penutupan akses dilakukan setelah berakhirnya kesepakatan tiga bulan antara Teheran dan IAEA.

     



    "Mulai 22 Mei dan dengan berakhirnya perjanjian tiga bulan, IAEA tidak akan lagi memiliki akses ke data dari semua kamera di dalam fasilitas nuklir Iran yang disepakati berdasarkan perjanjian tersebut," kata Mohammad Baqer Qalibaf, dilansir dari Sputnik.

    Tidak ada detail yang disampaikan Qalibaf. Namun ia menambahkan, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mendukung keputusan tersebut.

    "Kemarin hal ini dibahas dan keputusan telah diambil. Undang-undang yang disahkan parlemen akan diimplementasikan. Pemimpin Tertinggi juga menggarisbawahi pentingnya masalah ini," imbuh Qalibaf.

    Pengumuman dari Iran datang saat Kepala Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), Rafael Grossi, dijadwalkan menggelar jumpa pers pada Minggu sore waktu Swiss. Grossi sendiri diketahui sedang berada dalam pembicaraan dengan Iran terkait wacana perpanjangan inspeksi IAEA.

    "IAEA dan Iran saat ini sedang dalam konsultasi. Dirjen akan memberikan informasi terbaru kepada Dewan Gubernur (IAEA) dalam beberapa hari mendatang," tutur IAEA dalam pernyataannya.

    JCPOA atau yang dikenal secara umum sebagai Kesepakatan Nuklir 2015, adalah perjanjian antara Iran dengan Tiongkok, Prancis, Rusia, Inggris, Amerika Serikat dan Jerman, juga Uni Eropa. Tujuan kesepakatan ini untuk mencegah Iran membuat senjata nuklir, dan sebagai gantinya sejumlah sanksi ekonomi yang dijatuhkan kepada Teheran akan dilonggarkan atau dicabut.

    Baca:  Iran Puji Indonesia Bertahan Pada Kesepakatan Nuklir JCPOA

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id