comscore

Palestina Serukan Investigasi Pembantaian yang Dilakukan Israel di Tantura

Willy Haryono - 23 Januari 2022 17:05 WIB
Palestina Serukan Investigasi Pembantaian yang Dilakukan Israel di Tantura
Demonstran mengibarkan bendera Palestina dalam aksi unjuk rasa di dekat Ramallah, Tepi Barat. (AFP)
Ramallah: Palestina menyerukan pembentukan sebuah komisi internasional untuk menyelidiki pembantaian yang dilakukan Israel di desa Tantura pada 1948. Seruan disampaikan usai surat kabar Haaretz melaporkan penemuan kuburan massal di desa Tantura pada Kamis kemarin.

Di tahun 1948, menurut klaim beberapa pakar sejarah, warga desa Tantura dibantai oleh sekelompok geng Zionis.
Tidak hanya di Tantura, pembantaian juga disebut Palestina terjadi di beberapa desa lain selama berlangsungnya perang di tahun 1948. Perang yang disebut-sebut bertujuan mengusir masyarakat Palestina dari tanah mereka itu disebut dengan peristiwa "Nakba" atau "Bencana."

Baca:  Diperingati Setiap 15 Mei, Apa Itu Hari Nakba?

"Kejahatan para penjajah tidak berhenti di tahun 1948, tapi terus berlanjut secara rasis dan penuh kebencian. Itulah mengapa kami menyerukan pembukaan investigasi atas kejahatan ini," ujar Kementerian Luar Negeri Palestina, dikutip dari Yeni Safak, Minggu, 23 Januari 2022.

"Apa yang diperlukan saat ini adalah kampanye internasional untuk memberikan keadilan kepada para korban Palestina dan menghukum jajaran petinggi Israel yang terus menutupi kejahatan ini," sambungnya.

Dalam laporannya, Haaretz mengatakan bahwa beberapa pejabat Israel "dalam perang 1948 di desa Tantura akhirnya mengakui terjadinya pembunuhan massal etnis Arab yang terjadi usai desa tersebut menyerah."

Haaretz mengumumkan bahwa sebuah karya dokumenter berjudul "Tantura" akan ditayangkan secara daring pekan depan. Keterangan beberapa prajuritt Israel yang ikut serta dalam pembantaian itu akan dihadirkan dalam dokumenter.

Menurut keterangan beberapa pakar sejarah Palestina, pembantaian di desa Tantura berlangsung pada malam hari di tanggal 22-23 Mei 1948.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id