Temui Pemimpin Arab, PM Israel Menyamar sebagai Wanita

    Fajar Nugraha - 26 November 2020 12:57 WIB
    Temui Pemimpin Arab, PM Israel Menyamar sebagai Wanita
    Pangeran Mohammed bin Salman dikabarkan bertemu dengan PM Israel Benjamin Netanyahu. Foto: AFP
    Tel Aviv: Danny Yatom, mantan kepala badan mata-mata eksternal Israel, Mossad, mengungkapkan bahwa mantan perdana menteri Israel secara teratur bertemu dengan para pemimpin Arab. Pertemuan itu dilakukan secara diam-diam yang terkadang PM Israel menyamar dengan pakaian wanita.

    Baca: PM Israel Diam-Diam Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi.

    Berbicara kepada stasiun radio Israel lokal, dia memberikan contoh tentang pertemuan semacam itu antara Netanyahu dengan para pemimpin Arab. Pertemuan itu termasuk mendiang Menteri Luar Negeri Suriah Walid Muallem, mendiang Raja Hussein dari Yordania dan saudaranya Pangeran Hassan.

    Saat dia mengomentari kunjungan rahasia Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ke Arab Saudi dan bertemu dengan Putra Mahkota Mohammad Bin Salman, Yatom mengatakan pertemuan semacam itu sering terjadi pada malam hari dan jauh dari pandangan dunia.

    “Pada satu kesempatan mendiang Perdana Menteri Israel Ishak Rabin mengirim saya dan kemudian Kepala Staf Ehud Barak ke Washington untuk bertemu dengan Muallem dan mantan Kepala Staf Angkatan Darat Suriah, Hikmat Shehabi. Mereka membahas kemungkinan negosiasi perdamaian,” tutur Yatom, kepada radio Arabi21, yang dikutip Middle East Monitor, Kamis 26 November 2020.

    “Rabin dan Barak menyamar sebagai wanita, mengenakan wig dan pakaian wanita, dan mereka melakukan penerbangan komersial ke Washington,” ungkap Yatom.

    Muallem, yang merupakan Duta Besar Suriah untuk Washington pada saat itu, berjanji selama pertemuan itu bahwa tidak ada serangan teror yang akan diluncurkan dari Suriah setelah menandatangani kesepakatan damai.

    Yatom memuji pertemuan dengan Netanyahu dengan Putra Mahkota Pangeran Mohammed Bin Salman. Menurutnya Arab Saudi, yang tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel tetapi memimpin Islam Sunni dan merupakan negara terbesar di semenanjung, secara strategis penting bagi Israel.

    “Itu sebabnya saya senang dan berterima kasih kepada semua orang yang berkontribusi untuk pertemuan ini,” tambahnya.

    Kunjungan Netanyahu

    Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diam-diam mengunjungi Arab Saudi pada Minggu 22 November 2020. Dia diketahui bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di sana.
     
    Laporan itu disampaikan oleh radio publik Israel, Kan, dan Radio Angkatan Darat pada Senin 23 November 2020. Sementara pihak kantor PM Netanyahu tidak segera mengomentari laporan tersebut.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id