Ratu Kerajaan Zulu Meninggal Dunia

    Marcheilla Ariesta - 30 April 2021 18:18 WIB
    Ratu Kerajaan Zulu Meninggal Dunia
    Ratu Kerajaan Zulu, Shiyiwe Mantfombi Dlamini Zulu meninggal. Foto: AFP.



    Zulu: Ratu Kerajaan Zulu, Shiyiwe Mantfombi Dlamini Zulu meninggal dunia tiba-tiba. Kematiannya diumumkan Istana Kerajaan Zulu, Afrika Selatan.

    "Dengan sangat terkejut dan tidak terduga, Keluarga Kerajaan mengumumkan kematian mendadak Yang Mulia Ratu Shiyiwe Mantfombi Dlamini Zulu, sang pemimpin Bangsa Zulu," kata Perdana Menteri Tradisional Zulu, Mangosuthu Buthelezi, dilansir dari AFP, Jumat, 30 April 2021.






    "Ini sangat mengejutkan kami dan membuat kami benar-benar kehilangan," tambahnya tanpa menjelaskan penyebab kematian sang ratu.

    Kematian mendadak Dlamini-Zulu terjadi beberapa hari setelah ia dilaporkan dirawat di rumah sakit, hanya selang beberapa pekan setelah sang suami dimakamkan.

    Baca juga: Kabar Duka, Raja Zulu Meninggal Dunia

    Raja Zwelithini meninggal pada 12 Maret dalam usia 72 tahun setelah setengah abad naik tahta. Ia menderita penyakit diabetes.

    Meskipun gelar Raja Zulu tidak memberikan kekuasaan eksekutif, Zwelithini yang karismatik memiliki pengaruh moral atas lebih dari 11 juta Zulu, hampir seperlima dari populasi Afrika Selatan.

    Sebagai pemimpin tradisional yang paling berpengaruh, dia menasihati legislator dan bertemu dengan politisi yang kuat selama masa pemerintahannya.

    Dia meninggalkan enam istri dan 28 anak. Meskipun Dlamini-Zulu merupakan istri ketiga Zwelithini, ia menyandang gelar 'ratu agung', status yang ditentukan oleh mas kawin.

    Dlamini-Zulu adalah saudara perempuan Raja Eswatini Mswati III. Ia terpilih sebagai pemimpin Zulu saat keluarga kerajaan berada dalam masa berkabung tiga pekan sebelum raja berikutnya diangkat.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id