Tokoh Oposisi Berjaya dalam Pilpres Ulang Malawi

    Willy Haryono - 28 Juni 2020 16:03 WIB
    Tokoh Oposisi Berjaya dalam Pilpres Ulang Malawi
    Tokoh oposisi Malawi Lazarus Chakwera menang dalam pilpres 2020. (Foto: AFP)
    Lilongwe: Komisi Elektoral Malawi mendeklarasikan tokoh aliansi oposisi Lazarus Chakwera sebagai pemenang dalam pemilihan umum presiden. Pilpres kali ini merupakan pemungutan suara ulang usai hasil pemilihan pada Mei tahun lalu dianulir.

    Pengumuman pemenang disampaikan Komisi Elektoral Malawi pada Sabtu malam, empat hari usai hari pemungutan suara.

    Chakwera, 65, mengalahkan petahana Peter Mutharika lewat raihan total 58,57 persen suara. Chakwera pun berhak menjadi presiden di Malawi untuk lima tahun ke depan.

    "Kemenangan saya adalah kemenangan demokrasi dan keadilan. Hati saya berbunga-bunga," kata Chakwera, dilansir dari laman Al Jazeera, Minggu 28 Juni 2020. Kemenangan Chakwera dirayakan meriah para pendukungnya di wilayah ibu kota Lilongwe.

    Berkuasa sejak 2014, Mutharika awalnya dinyatakan menang dalam pilpres 2019 lewat raihan 38,57 persen suara. Chakwera kala itu meraup 35,41 persen suara, sementara mantan wakil presiden Saulos Chilima 20,24 persen.

    Namun Chakwera dan Chilima menolak hasil pilpres tersebut. Keduanya mempetisi pengadilan dan meminta adanya pilpres ulang.

    Putusan pengadilan pada 3 Februari lalu memerintahkan adanya pilpres ulang di Malawi. Putusan kala itu juga mengubah sistem elektoral, yang menetapkan kemenangan hanya bisa diraih jika raupan suara seorang capres melampaui 50 persen.

    Sebelumnya pada Sabtu kemarin, Mutharika mengklaim adanya kejanggalan serta intimidasi terhadap pengawas dari partainya. Namun keluhan tersebut tidak digubris komisi elektoral. Oposisi membantah adanya intimidasi terhadap kubu petahana.

    Pilpres Malawi kali ini digelar tanpa adanya pengawas internasional karena pandemi virus korona (covid-19). Pilpres hanya diawasi pengawas lokal, yang sebagian besar mengatakan pemilihan berjalan bebas dan adil.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id