comscore

Komandan Mossad Israel Diduga Tewas Dibunuh di Irak

Medcom - 13 Juni 2022 18:19 WIB
Komandan Mossad Israel Diduga Tewas Dibunuh di Irak
Aktivitas warga di Erbil, Irak, 24 Mei 2022. (SAFIN HAMED / AFP)
Erbil: Serangan drone yang menargetkan sebuah mobil sedan di Erbil, Irak, diduga menewaskan seorang komandan Mossad Israel, Ilak Ron. Ia diyakini menduduki posisi tinggi di unit eksekusi Israel, Kidon.

Meski tidak banyak laporan resmi terkait identitas korban yang terluka atau tewas akibat serangan itu, desas-desus di dunia daring menyebutnya sebagai tindakan balas dendam oleh Iran.
Beberapa Komandan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) menjadi sasaran Israel dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya tokoh militer terkemuka Iran, Qasem Soleimani, yang tewas dalam serangan udara Amerika Serikat (AS) di Baghdad pada Januari 2020.

Namun, beberapa laporan menyiratkan peran kuat Israel dalam operasi tersebut.

Pada 22 Mei 2022, Iran juga mengumumkan pembunuhan terhadap seorang pasukan IRGC yang diidentifikasi sebagai Hassan Sayyad Khodaei dalam serangan bersenjata terhadap mobilnya di Teheran. Iran kemudian menuduh Mossad Israel terlibat langsung dalam pembunuhan itu.

Laporan tentang dugaan pembunuhan Ilak Ron dirilis secara eksklusif oleh wartawan TV Al Mayadeen yang berbasis di Lebanon, Khaled Iskef, yang merupakan salah satu orang pertama yang membagikan video setelah ledakan itu dari Rabu hingga Kamis tengah malam.

Saluran televisi Al Mayadeen berafiliasi dengan Iran dan sekutu dekatnya di Timur Tengah, termasuk Hizbullah dan Bashar Al Assad dari Suriah.

Media resmi Iran, PressTV melaporkan serangan itu menargetkan konsulat AS di Erbil.

Selain itu, warganet menyebut bahwa komandan Mossad yang tewas dalam serangan drone itu dikenal sebagai Ilak Ron, tetapi nama aslinya adalah Asa Flots.

Beberapa pengguna juga membagikan sejumlah foto berbeda dengan mengeklaim bahwa itu untuk Ilak Ron atau Asa Flots. Namun, foto-foto yang beredar tidak cocok satu sama lain. (Kaylina Ivani)

Baca:  Iran Klaim Empat Agen Mossad Israel Tewas dalam Serangannya

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id