Arab Saudi Cegat Serangan Udara Houthi di Riyadh

    Willy Haryono - 24 Januari 2021 16:04 WIB
    Arab Saudi Cegat Serangan Udara Houthi di Riyadh
    Salah satu sudut kota Riyadh, Arab Saudi. (AFP)



    Riyadh: Arab Saudi mencegat sebuah "objek udara" di wilayah Riyadh pada Sabtu kemarin. Menurut Arab Saudi, objek tersebut diluncurkan oleh pemberontak Houthi di Yaman.

    Menurut laporan AFP pada Minggu, 24 Januari 2021, sebuah ledakan terdengar di wilayah ibu kota Arab Saudi sekitar pukul 11.00 waktu setempat.






    Koalisi pimpinan Arab Saudi, yang mendukung pemerintahan Yaman dalam melawan Houthi, mengaku telah "mencegat dan menghancurkan sebuah objek udara yang terbang ke arah Riyadh."

    Walau Arab Saudi sudah beberapa kali diserang Houthi sejak 2015, jarang ada misil atau pesawat tanpa awak (drone) yang bisa mencapai wilayah Riyadh.

    Houthi dan para mitranya telah menguasai sebagian besar Yaman, termasuk ibu kota Sanaa pada 2015. Koalisi pimpinan Saudi mengintervensi konflik Yaman demi mengembalikan kekuasaan pemerintahan resmi di bawah Presiden Abedrabbo Mansour Hadi.

    Saudi dan para sekutunya meyakini Iran berencana menggunakan Houthi untuk menguasai sepenuhnya Yaman, termasuk pelabuhan strategis di kota Aden. Iran membantah telah mendukung Houthi, baik secara finansial maupun melalui penyaluran senjata.

    Baca:  Arab Saudi Kutuk Keras Ledakan di Bandara Yaman

    Sebelumnya pada bulan ini, Mike Pompeo yang kala itu masih menjadi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat mengumumkan bahwa Houthi telah dinyatakan sebagai organisasi teroris asing oleh Washington.

    Pemerintahan baru AS di bawah presiden Joe Biden mengaku akan kembali mengkaji penetapan status tersebut.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id