Israel Buka Kembali SMA di Tengah Penurunan Kasus Covid-19

    Willy Haryono - 29 November 2020 20:04 WIB
    Israel Buka Kembali SMA di Tengah Penurunan Kasus Covid-19
    Menteri Pendidikan Israel Yoav Gallant bersama sekelompok anak di Mevo Horon pada 1 September 2020. (Marc Israel Sellem/Pool/AFP)
    Tel Aviv: Lebih dari 400 ribu siswa sekolah menengah atas (SMA) kembali menjalani pembelajaran tatap muka di sekolah mulai hari Minggu, 29 November 2020. Dibukanya kembali sekolah dilakukan Israel seiring menurunnya rata-rata kasus harian virus korona (covid-19).

    Pekan kemarin, kabinet Israel memutuskan untuk membuka kembali semua sekolah di area-area hijau dan kuning, indikator warna yang mengindikasikan rata-rata penularan covid-19 di level rendah.

    Dilansir dari laman Ynet, pembukaan perdana sekolah tatap muka di Israel pada Minggu ini baru dilakukan untuk siswa kelas 11 dan 12. Namun pekan depan, sekitar 423 ribu siswa sekolah untuk kelas 7 hingga 9 juga akan menjalani pembelajaran tatap muka.

    Menurut rencana Kementerian Pendidikan Israel, semua siswa SMA akan belajar di sekolah selama dua hari dalam sepekan, dan sisanya di rumah. Mereka akan belajar dalam grup kecil di masing-masing kelas.

    Baik siswa maupun guru akan menjalani tes covid-19 secara rutin demi menghindari terjadinya wabah di dunia pendidikan Israel.

    Baca:  Lockdown Akibat Covid-19 di Israel Bisa Berlanjut 1 Tahun Penuh

    Sejumlah sekolah menilai aturan pembelajaran tatap muka ini akan berlangsung kurang efektif karena membatasi kontak antara siswa dan guru. Dikhawatirkan melalui metode ini, siswa hanya akan memperoleh separuh dari kurikulum yang ada.

    Menashe Levi, ketua Asosiasi Administrator Sekolah Israel, mengatakan adanya kekhawatiran mengenai terbatasnya waktu belajar tatap muka.

    "Sebagian besar aktivitas belajar masih akan dilakukan dari jauh, dan metode semacam itu kurang efektif. Siswa kekurangan kontak personal dan emosional dan juga minim interaksi sosial dengan teman-teman mereka," ujar Levi.


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id