Arab Saudi Cegat 'Target Udara Berbahaya' Dekat Jeddah

    Willy Haryono - 01 Mei 2021 09:33 WIB
    Arab Saudi Cegat 'Target Udara Berbahaya' Dekat Jeddah
    Pemandangan salah satu sudut kota Jeddah, Arab Saudi. (AFP)



    Jeddah: Arab Saudi mencegat dan menghancurkan sebuah "target udara berbahaya" yang meluncur ke arah Jeddah. Kabar disampaikan Kementerian Pertahanan Arab Saudi pada Sabtu, 1 Mei 2021.

    Dilansir dari laman Al Arabiya, Kemenhan Saudi tidak menyampaikan informasi lebih lanjut, termasuk mengenai jenis "target udara" dan siapa pihak di balik serangan tersebut.






    Sebelumnya, Arab Saudi telah beberapa kali mencegat misil balistik dan pesawat tanpa awak (drone) berbahan peledak yang diluncurkan kelompok pemberontak Houthi dari arah Yaman.

    Sejak Januari, Houthi telah meluncurkan puluhan serangan udara yang ditujukan ke sejumlah ruang publik dan fasilitas energi di Arab Saudi.

    Awal Maret lalu, koalisi militer pimpinan Arab Saudi telah berhasil mencegat dan menghancurkan sebuah drone milik Houthi. Menurut laporan Saudi Press Agency (SPA), serangan dilancarkan Houthi ke arah Khamis Mushait.
     
    Khamis Mushait adalah kota tempat berdirinya Pangkalan Udara King Khalid. Serangan terjadi satu hari usai koalisi Saudi mengonfirmasi bahwa Iran memasok senjata yang digunakan Houthi dalam menyerang fasilitas minyak Saudi Aramco.
     
    Beberapa serangan Houthi pernah melanda Bandara Internasional Abha, yang berjarak sekitar 120 kilometer dari perbatasan Yaman.
     
    Februari lalu, Houthi mengklaim serangan di Bandara Abha yang menyebabkan sebuah pesawat sipil terbakar. Houthi mengatakan bahwa bandara tersebut adalah target militer.

    Baca: Drone Houthi Serang Arab Saudi, Paksa Penutupan Bandara

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id