Kapal Kargo Raksasa Blokir Terusan Suez, Upaya Penarikan Masih Dilakukan

    Fajar Nugraha - 25 Maret 2021 05:30 WIB
    Kapal Kargo Raksasa Blokir Terusan Suez, Upaya Penarikan Masih Dilakukan
    Kapal MV Ever Given yang karam di Terusan Suez, Mesir. Foto: Instagram/Channel News Asia



    Kairo: Sebuah kapal kontainer raksasa terjebak di Terusan Suez di Mesir setelah berbelok keluar jalur dalam badai pasir. Insiden ini membuat kemacetan di salah satu rute perdagangan tersibuk di dunia.

    Otoritas Terusan Suez Mesir (SCA) mengatakan, pihaknya melakukan semua yang bisa untuk membuat MV Ever Given berlayar kembali. Kapal yang dioperasikan Taiwan berbendera Panama itu memiliki panjang 400 meter dan lebar 59 meter, dan kini bersarang di sudut melintasi jalur air.

     



    Bagian kanal bersejarah telah dibuka kembali dalam upaya untuk mengurangi kemacetan lalu lintas laut yang didukung.

    "Kontainer itu secara tidak sengaja kandas setelah diduga hembusan angin menerpa," kata operator kapal Evergreen Marine Corp kepada AFP, Kamis 25 Maret 2021.

    SCA mengatakan, kapal itu terjebak dalam badai pasir. Ini merupakan kejadian umum di gurun Sinai Mesir pada tahun-tahun ini, membuat pandangan gelap dan membatasi kemampuan kapten untuk melihat.

    “Insiden berlangsung terutama karena kurangnya jarak pandang karena kondisi cuaca ketika angin mencapai 40 knot, yang mempengaruhi kendali" kapal,” pernyataan SCA.

    GAC, sebuah perusahaan jasa kelautan yang berbasis di Dubai mengatakan, pihak berwenang masih berupaya untuk menarik kapal tersebut pada Rabu sore. Informasi yang diterima sebelumnya yang mengklaim bahwa sebagian kapal tersebut telah diapungkan kembali tidak akurat.

    Menurut data satelit dari MarineTraffic.com, haluan kapal menyentuh dinding timur kanal, sementara buritannya tampak bersarang di dinding barat.

    Evergreen Marine Corp Taiwan, yang menyewa kapal di bawah kontrak waktu, mengatakan, pemilik kapal menginformasikan bahwa kapal tersebut "dicurigai terkena angin kencang yang tiba-tiba. Hal tersebut menyebabkan lambung kapal menyimpang dari jalur air dan secara tidak sengaja menabrak dasar dan kandas.

    "Perusahaan telah mendesak pemilik kapal untuk melaporkan penyebab kejadian tersebut dan telah melakukan diskusi dengan pihak terkait termasuk otoritas pengelola kanal untuk membantu kapal secepatnya,” ucap pihak Evergreen.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id