PM Israel Diam-Diam Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi

    Fajar Nugraha - 23 November 2020 16:08 WIB
    PM Israel Diam-Diam Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi
    Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) dikabarkan bertemu PM Israel Benjamin Netanyahu. Foto: AFP
    Yerusalem: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diam-diam mengunjungi Arab Saudi pada Minggu 22 November 2020. Dia diketahui bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di sana.

    Laporan itu disampaikan oleh radio publik Israel, Kan, dan Radio Angkatan Darat pada Senin 23 November 2020. Sementara pihak kantor PM Netanyahu tidak segera mengomentari laporan tersebut.

    Namun media Axios mengatakan, PM Netanyahu melakukan perjalanan secara rahasia pada Minggu ke Kota Neom di pantai Laut Merah Arab Saudi untuk bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed Bin Salman dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo.

    “Israel dan Arab Saudi memiliki hubungan rahasia selama bertahun-tahun, tetapi ini adalah pertama kalinya pertemuan tingkat tinggi tersebut dilaporkan. Meskipun tidak ada pihak yang mengonfirmasi secara resmi,” sebut laporan Axios, Senin 23 November 2020.

    Axios menambahkan, data dari situs radar penerbangan online menunjukkan sebuah jet pribadi berangkat dari Tel Aviv Minggu malam dan terbang langsung ke Neom. Jet kembali ke Israel setelah lima jam berada di Neom.

    Penerbangan yang tidak biasa itu bertepatan dengan pertemuan yang direncanakan antara Pompeo dan Putra Mahkota Saudi, yang diterbitkan pada jadwal menteri luar negeri. Arab Saudi, Israel dan Amerika tahu bahwa penerbangan dari Tel Aviv ke Neom akan terdeteksi oleh aplikasi pelacak pesawat dan kemungkinan mengarah pada pengungkapan pertemuan tersebut.

    Menurut sumber Israel, Netanyahu tidak memberikan informasi terbaru kepada mitra koalisinya, Menteri Pertahanan Benny Gantz dan Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi, tentang perjalanan tersebut. Baik Gantz dan Ashkenazi adalah rival politik Netanyahu.

    “Sumber-sumber Israel memberi tahu bahwa Direktur Mossad Yossi Cohen bergabung dengan Netanyahu dalam perjalanan ke Arab Saudi,” imbuh laporan Axios.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id