Trump Akan Hapus Sudan dari Daftar Teror Asal Bayar Kompensasi

    Fajar Nugraha - 20 Oktober 2020 06:40 WIB
    Trump Akan Hapus Sudan dari Daftar Teror Asal Bayar Kompensasi
    Presiden AS Donald Trump akan cabut Sudan dari daftar terorisme. Foto: AFP
    Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menawarkan untuk Sudan dikeluarkan dari daftar negara sponsor teror. Namun Trump meminta Sudan kompensasi sebesar USD335 juta atau sekitar Rp4,9 Triliun.

    Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok menanggapi dengan mengatakan dana telah ditransfer tetapi tidak ada konfirmasi segera dari AS. Sudan telah terdaftar sejak 1993 ketika pemimpin Al Qaeda Osama Bin Laden tinggal di sana sebagai tamu pemerintah.

    Kompensasi tersebut berkaitan dengan pengeboman Kedutaan AS di Afrika oleh Al Qaeda pada 1998.

    “Serangan di Tanzania dan Kenya menewaskan lebih dari 220 orang dan uang kompensasi harus dibayarkan kepada "korban teror AS dan keluarga,” kata Trump, seperti dikutip AFP, Selasa 20 Oktober 2020.

    Hubungan antara AS dan Sudan telah membaik sejak Presiden Omar al-Bashir digulingkan dalam protes rakyat tahun lalu. Bashir telah memerintah negara Afrika yang dilanda konflik itu selama 30 tahun.

    “Menghapus Sudan dari daftar hitam akan menjadi berita yang sangat disambut baik di negara itu, di mana makanan, bahan bakar dan obat-obatan semakin mahal dan langka,” sebut laporan Africa Editor, Anne Soy.

    Apa yang dikatakan Trump?

    Dalam sebuah tweet, Donald Trump menulis: "Berita BESAR! Pemerintah baru Sudan, yang membuat kemajuan besar, setuju untuk membayar USD335 JUTA kepada korban teror AS dan keluarga.

    "Setelah disimpan, saya akan mencabut Sudan dari daftar Sponsor Terorisme Negara. Akhirnya, KEADILAN untuk rakyat Amerika dan langkah BESAR untuk Sudan!”, tegas Trump.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id