244 Orang Ditangkap Mencoba Masuk ke Mekkah Tanpa Izin

    Fajar Nugraha - 29 Juli 2020 16:36 WIB
    244 Orang Ditangkap Mencoba Masuk ke Mekkah Tanpa Izin
    Pelaksanaan haji tahun ini dibatasi karena pandemi virus korona. Foto: AFP
    Mekkah: Pasukan keamanan haji Arab Saudi menangkap 244 orang yang berupaya menyusup masuk ke Mekkah demi melakukan ibadah haji. 244 orang itu ditangkap pada Selasa 28 Juli 2020.

    Baca: Perjalanan Spiritual Dimulai bagi 1.000 Calon Jemaah Haji.

    Arab Saudi membatasi haji hingga 1.000 calon jemaah asing. Haji yang dibatasi ini terpaksa dilakukan karena merebaknya wabah pandemi virus korona covid-19. Mereka yang ingin memasuki Mekkah harus memiliki izin.

    "Para petugas keamanan telah menerapkan penjagaan yang ketat di dalam dan sekitar situs-situs suci untuk menegakkan peraturan-peraturan ini dan menangkap para pelanggar," seorang juru bicara keamanan, Saudi Press Agency, Rabu 29 Juli 2020.

    “Dilarang untuk memasuki tempat-tempat suci tanpa izin,” tegasnya.

    Calon jemaah haji akan berkumpul di Mina di luar Mekkah pada Rabu untuk memulai perjalanan ibadah mereka. Namun dengan 1.000 calon haji, jelas kontras dengan angka 2,5 juta calon haji yang datang pada 2019.

    Mereka yang dipilih untuk ambil bagian dalam haji tahun ini diwajibkan melalukan pemeriksaan suhu dan ditempatkan di karantina ketika mereka mulai tiba di Mekkah. Kemudian petugas kesehatan membersihkan barang-barang mereka.

    Staf kesehatan dan keselamatan dengan disinfektan membersihkan area di sekitar Ka’bah. Otoritas haji menutup Ka’bah tahun ini, dan jamaah tidak akan diizinkan untuk menyentuhnya, untuk membatasi kemungkinan infeksi

    Selain itu pusat kesehatan khusus juga didirikan bersama klinik keliling dan ambulans yang siaga untuk merawat para jemaah. Para calon haji ini juga diminta untuk mengenakan masker dan menjaga jarak sosial.

    13 WNI lolos seleksi haji


    Pemerintah Arab Saudi tetap menyelenggarakan Ibadah Haji 2020 dengan jumlah terbatas. Warga negara Indonesia (WNI) terpilih menjalani rukun ke-5 Islam tersebut.
     
    "Khusus Indonesia yang baru saya kenal itu ada 13 jemaah haji," kata salah satu WNI yang lolos seleksi Ibadah Haji 2020, Muhammad Wahyu, kepada Medcom.id, Rabu, 29 Juli 2020.
     
    Wahyu menyampaikan kuota jemaah Haji 2020 yang disediakan pemerintah Arab Saudi hanya seribu orang. Pemilihan dilakukan melalui proses seleksi online.

    Tenaga pengajar sekolah Indonesia di Riyadh, Arab Saudi, itu menceritakan pada proses seleksi, publik hanya mengisi formulir. Data yang diisi tentang informasi kesehatan.
     


    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id