Menteri Negara-Negara Arab Dorong Aksi Kolektif untuk Palestina

    Willy Haryono - 29 Juni 2020 15:04 WIB
    Menteri Negara-Negara Arab Dorong Aksi Kolektif untuk Palestina
    Dewan menteri negara Arab mendorong adanya aksi kolektif untuk membantu otoritas dan masyarakat Palestina dalam menghadapi pandemi covid-19. (Foto: AFP/File)
    Dubai: Dewan menteri negara-negara Arab mendorong sejumlah pemerintahan dan organisasi regional untuk membantu berbagai kelompok rentan dalam menghadapi pandemi virus korona (covid-19). Salah satu yang masuk kategori rentan itu adalah masyarakat Palestina.

    Dalam sebuah pernyataan gabungan melalui konferensi video, dilansir dari laman Arab News, Senin 29 Juni 2020, para menteri mendorong adanya "aksi kolektif" untuk membantu otoritas dan masyarakat Palestina dalam menghadapi pandemi.

    Palestina dinilai perlu dibantu karena sudah menghadapi berbagai masalah pelik, bahkan sebelum kemunculan covid-19.

    "Komunitas rentan di kawasan perlu dibantu. Mereka yang perlu dibantu meliputi pengungsi dan orang yang telantar di negara sendiri (IDP)," ujar pernyataan gabungan para menteri.

    Selain itu, dewan menteri negara Arab juga menekankan pentingnya berbagi informasi mengenai sejumlah program yang didesain untuk membantu pekerja harian, keluarga berpenghasilan rendah, dan pengangguran di level regional.

    Para menteri juga mendiskusikan pentingnya mengimplementasikan kerangka strategis dunia Arab untuk menghapus kemiskinan. Kerangka tersebut sudah diadopsi dalam sebuah konferensi tingkat tinggi di Beirut tahun lalu.

    Sementara itu, Badan Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) melaporkan bahwa covid-19 telah menyebar di beberapa kamp pengungsi Palestina di Lebanon.

    Kepala Departemen Kesehatan UNRWA, Abdul Hakim Shanaa, meminta para pengungsi Palestina di kamp-kamp Lebanon untuk menjaga jarak aman dan menjauh dari keramaian.

    "Imbauan dikeluarkan untuk melindungi kesehatan masyarakat, dan agar para pengungsi memiliki tanggung jawab individu," tutur Shanaa.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id