Iran Klaim Ada Upaya Sabotase Gagal ke Gedung Badan Energi Atom

    Fajar Nugraha - 24 Juni 2021 09:25 WIB
    Iran Klaim Ada Upaya Sabotase Gagal ke Gedung Badan Energi Atom
    Iran sebut sabotase terhadap gedung badan atom berhasil digagalkan. Foto: AFP



    Teheran: Iran mengaku telah menggagalkan serangan sabotase terhadap sebuah gedung badan energi atom pada Rabu 23 Juni. Hal itu diumumkan tak lama setelah mengecam pemblokiran Amerika Serikat (AS) terhadap puluhan situs media Iran yang dianggap tidak membantu untuk pembicaraan nuklir yang sedang berlangsung.

    Televisi pemerintah mengatakan ‘operasi sabotase’ yang digagalkan menargetkan sebuah bangunan milik Organisasi Energi Atom Iran, tanpa mengidentifikasi sifat operasi atau pelakunya.

     



    "Para penyabot gagal melaksanakan rencana mereka dan tidak ada korban jiwa atau kerusakan,” lapor TV pemerintah, seperti dikutip AFP, Kamis 24 Juni 2021.

    Kantor berita Tasnim mengatakan, bangunan yang menjadi target berada di dekat kota Karaj, sekitar 50 kilometer sebelah barat ibu kota Teheran.

    Laporan itu muncul saat pembicaraan berlanjut di Wina antara Teheran dan kekuatan dunia yang bertujuan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 mereka yang tertatih-tatih. Tetapi pembicaraan itu ditentang keras oleh Israel, musuh bebuyutan Iran dan sekutu utama AS.

    Sabotase yang dilaporkan juga terjadi sehari setelah Departemen Kehakiman AS mengatakan telah menyita 33 situs web media yang dikendalikan pemerintah Iran, menuduh mereka dihosting di domain milik AS yang melanggar sanksi.

    Kantor presiden Iran Hassan Rouhani pada Rabu memperingatkan bahwa langkah Washington "tidak konstruktif" untuk pembicaraan nuklir, bahkan ketika Menlu Jerman Heiko Maas mengatakan ada "peluang bagus" untuk segera menghidupkan kembali kesepakatan itu.

    Apapun diperlukan

    Perkembangan terjadi beberapa hari setelah ulama ultrakonservatif Ebrahim Raisi terpilih sebagai presiden Iran berikutnya. Tetapi terpilihnya Raisi disesalkan AS sebagai tidak bebas dan tidak adil.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id