comscore

Warga Ghana Manfaatkan Limbah Tekstil Jadi Sepatu

MetroTV - 02 Juni 2022 19:26 WIB
Warga Ghana Manfaatkan Limbah Tekstil Jadi Sepatu
Produksi sepatu dari limbah tekstil. Foto: Dok/Metro TV
Ghana: Ghana adalah salah satu importir pakaian bekas terbesar di dunia. Padahal mayoritas baju bekas itu tidak layak pakai. Seorang pengusaha setempat memanfaatkan limbah tekstil itu untuk memproduksi sepatu. Hal ini bisa menjadi model ekonomi sirkuler yang ramah lingkungan.

Peter Anowi adalah inovator fashion yang berkelanjutan. Ia berhasil memanfaatkan limbah tekstil dan karet dari ban mobil untuk membuat sepatu. Menurut Peter, sepatu berkelanjutan buatannya mengandung 75-100 persen bahan daur ulang.
"Sepatu 100 persen daur ulang yang biasa dari koliko terbuat dari jeans bekas, kain wol dan ban mobil bekas. Jadi jeans yang dibuang kita ambil dan menjadi luar sepatu, dan mobil untuk alas sepatu," ucap Peter dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Kamis, 2 Juni 2022.

Peter mendapatkan limbah tekstil dari pasar rumah tangga dan pasar baju bekas. Ghana mempunyai pasar pakaian bekas terbesar di Afrika Barat, serta importir tekstil kedua setelah Pakistan. Namun 40 persen barang ini tidak layak pakai. (Fauzi Pratama Ramadhan)

 

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id