Uni Emirat Arab Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

    Fajar Nugraha - 14 Agustus 2020 08:06 WIB
    Uni Emirat Arab Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel
    Bendera Uni Emirat Arab (UEA) terpampang di pusat kota Tel Aviv, Israel sebagai tanda pembukaan hubungan diplomatik. Foto: AFP


    Trump menulis tweet pernyataan dari kedua negara itu, mengakui kesepakatan itu. Dia kemudian mengatakan kepada wartawan di Ruang Oval Gedung Putih bahwa kesepakatan itu adalah "momen yang benar-benar bersejarah."

    “Sekarang es telah pecah, saya berharap lebih banyak negara Arab dan Muslim akan mengikuti Uni Emirat Arab,” kata Trump.

    Pengakuan tersebut memberikan kemenangan diplomatik yang langka bagi Trump menjelang pemilihan November karena upayanya untuk mengakhiri perang di Afghanistan belum membuahkan hasil. Sementara upaya untuk membawa perdamaian antara Israel dan Palestina tidak mengalami kemajuan.

    Palestina meradang


    Israel dan UEA adalah di antara sekutu asing terdekat Trump. Bagi Israel, pengumuman itu menyusul bertahun-tahun Netanyahu membanggakan bahwa pemerintahnya menikmati hubungan yang lebih dekat dengan negara-negara Arab daripada yang diakui publik.

    Dirinya telah berusaha untuk membangun permukiman di tanah yang dicari oleh Palestina dan menerima proposal Trump yang akan memungkinkannya untuk mencaplok sebagian besar Tepi Barat yang diduduki sambil memberikan otonomi terbatas kepada Palestina di daerah lain.

    Bagi UEA, kesepakatan itu semakin memoles kampanyenya untuk dilihat sebagai suar toleransi di Timur Tengah meskipun diatur oleh penguasa otokratis. Ini juga menempatkan UEA sebagai yang pertama dalam perlombaan pengakuan regional di antara negara-negara tetangga Teluk Arab.

    Sementara untuk Palestina, yang telah lama mengandalkan dukungan Arab dalam perjuangan kemerdekaan mereka, langkah ini menandai kemenangan dan kemunduran. Kesepakatan itu menghentikan rencana aneksasi Israel, Palestina telah berulang kali mendesak pemerintah di negara Arab untuk tidak menormalisasi hubungan dengan Israel sampai kesepakatan damai untuk mendirikan negara Palestina merdeka tercapai.

    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id