Uni Emirat Arab Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

    Fajar Nugraha - 14 Agustus 2020 08:06 WIB
    Uni Emirat Arab Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel
    Bendera Uni Emirat Arab (UEA) terpampang di pusat kota Tel Aviv, Israel sebagai tanda pembukaan hubungan diplomatik. Foto: AFP
    Abu Dhabi: Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel sepakat untuk menjalin hubungan diplomatik penuh sebagai bagian dari kesepakatan untuk menghentikan aneksasi terhadap Palestina.

    Pengumuman tersebut menjadikan UEA negara Teluk Arab pertama yang melakukannya dan negara Arab ketiga yang memiliki hubungan diplomatik aktif dengan Israel.

    "Hari ini kami mengantar era baru perdamaian antara Israel dan dunia Arab," kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam pernyataan yang disiarkan televisi secara nasional, seperti dikutip TVNZ, Jumat 14 Agustus 2020.

    “Ada peluang bagus, kita akan segera melihat lebih banyak negara Arab bergabung dalam lingkaran perdamaian yang meluas ini,” jelas Netanyahu.

    Sontak pengumuman ini membuat Palestina menyatakan kemarahan mereka. TV Palestina melaporkan Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengadakan pertemuan mendesak dari pimpinan puncaknya untuk membahas perjanjian tersebut dan menentukan posisi di atasnya.

    Netanyahu juga mengatakan dalam siaran itu bahwa pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meminta agar Israel menunda rencana aneksasi Tepi Baratnya untuk melanjutkan perjanjian dengan UEA.

    “tidak ada perubahan dalam rencana untuk mencaplok bagian Tepi Barat tetapi menambahkan mereka dalam ‘penundaan sementara’ dan bahwa pelaksanaan aneksasi akan dilakukan dengan koordinasi AS,” jelas Netanyahu.

    Ucapannya ditujukan untuk menenangkan para pemukim berpengaruh yang marah dengan rencana Israel untuk mencaplok bagian Tepi Barat. Tetapi mereka membantah pernyataan dari pejabat Emirat yang menganggap aneksasi sebagai sesuatu yang tidak wajar.

    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id