Dialog Damai Afghanistan dan Taliban Dimulai Hari Ini

    Willy Haryono - 12 September 2020 08:10 WIB
    Dialog Damai Afghanistan dan Taliban Dimulai Hari Ini
    Pemandangan salah satu sudut kota Doha, Qatar. (Foto: AFP)
    Doha: Dialog damai perdana antara Pemerintah Afghanistan dan kelompok Taliban dijadwalkan dimulai hari ini di Doha, Qatar, Sabtu 12 September 2020. Menyebut dialog ini sebagai peristiwa bersejarah, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo bertolak ke Doha untuk mengikuti upacara pembukaan.

    Pertemuan di Doha ini merupakan bagian dari perjanjian damai antara AS dan Taliban yang disepakati pada Februari lalu. Namun isu pertukaran tahanan dan sejumlah serangan di Afghanistan menunda terjadinya dialog damai.

    Dilansir dari laman BBC, delegasi Afghanistan sudah bertolak dari Kabul ke Doha pada Jumat kemarin. Kepala delegasi Afghanistan, Abdullah Abdullah, mengaku "mencari perdamaian adil dan bermartabat" dari dialog damai dengan Taliban.

    Kamis kemarin, Taliban mengonfirmasi akan menghadiri dialog damai di Doha. Konfirmasi disampaikan usai kelompok terakhir enam tahanan dibebaskan Afghanistan.

    Ini merupakan dialog langsung perdana antara Afghanistan Taliban. Selama ini Taliban selalu menolak berdialog langsung dengan Afghanistan, dan menyebut Kabul hanya pemerintah lemah yang berada di balik bayang-bayang "AS."

    Kedua kubu berusaha mencapai rekonsiliasi politik untuk mengakhiri aksi kekerasan yang telah berlangsung selama berdekade-dekade. Ketegangan kedua kubu sudah dimilai sejak invasi Uni Soviet di tahun 1979.

    Awalnya dialog damai dijadwalkan berlangsung pada Maret lalu, namun ditunda karena adanya program pertukaran tahanan dan juga rentetan aksi kekerasan yang melanda sejumlah wilayah di Afghanistan.

    Perjanjian damai antara AS dan Taliban juga mengatur mengenai penarikan pasukan asing dari Afghanistan. Saat itu terwujud, Taliban berjanji akan menjamin sektor keamanan di Afghanistan dari berbagai aksi terorisme dan ekstremisme.

    Kesepakatan antara AS dan Taliban difinalisasi dalam kurun waktu lebih dari satu tahun, dan dialog damai di Doha diperkirakan akan jauh lebih kompleks lagi.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id