Remaja Angola Tewas Ditembak dalam Operasi Masker Covid-19

    Arpan Rahman - 17 Mei 2020 15:03 WIB
    Remaja Angola Tewas Ditembak dalam Operasi Masker Covid-19
    Pemandangan salah satu sudut kota Luanda, Angola. (Foto: AFP)
    Luanda: Seorang remaja tewas ditembak prajurit Angola dalam sebuah operasi penegakan aturan mengenakan masker di tengah pandemi virus korona (covid-19). Pemerintah Angola telah mewajibkan semua warga untuk mengenakan masker demi meminimalisasi penyebaran virus tersebut.

    Kementerian Dalam Negeri Angola mengatakan bahwa remaja 17 tahun itu merupakan "korban penembakan" yang dilakukan seorang prajurit pada Jumat 15 Mei. Saat itu, korban "diduga" memprotes kampanye Pemerintah Angola terkait penggunaan masker.

    Dalam sebuah pernyataan pada Jumat malam, Kemendagri Angola mengklasifikasikan kasus tersebut sebagai "pembunuhan" yang hingga saat ini masih diinvestigasi.

    Pada 9 Mei, pria berusia 21 tahun "tak sengaja" tertembak saat polisi Angola terlibat bentrok dengan sekelompok orang yang melanggar aturan jam malam di Huambo. Bentrokan juga dipicu larangan melakukan perkumpulan massa.

    Presiden Angola Joao Lourenco mendeklarasikan status darurat nasional pada Maret lalu. Ia melarang segala bentuk perkumpulan massa dan juga membatasi pergerakan warga demi menekan penyebaran covid-19.

    April lalu, Pemerintah Angola mewajibkan penggunaan masker bagi semua warga di ruang publik.

    Sejumlah grup hak asasi manusia di benua Afrika mengecam terjadinya aksi kekerasan di beberapa negara yang dilakukan otoritas keamanan dalam menegakkan aturan seputar covid-19.

    Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Minggu ini, total kasus covid-19 di Angola mencapai 48 dengan 2 kematian dan 17 pasien sembuh.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id