comscore

2 Drone 'Pembalasan Soleimani' Ditembak Jatuh Dekat Pangkalan Militer Irak

Marcheilla Ariesta - 03 Januari 2022 21:01 WIB
2 Drone Pembalasan Soleimani Ditembak Jatuh Dekat Pangkalan Militer Irak
Ilustrasi drone./Medcom.id
Baghdad: Dua pesawat nirawak (drone) bersenjata ditembak jatuh di Irak pada Senin, 3 Januari 2022. Keduanya berupaya mendekati pangkalan militer Irak yang menampung pasukan Amerika Serikat di dekat bandara internasional Baghdad.

Tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut, menurut keterangan sumber keamanan Irak.
Serangan terjadi ketika Iran dan sekutunya di Irak menandai peringatan dua tahun pembunuhan jenderal Qassem Soleimani. Jenderal top Iran ini tewas dalam serangan drone AS di dekat bandara Baghdad atas perintah presiden AS saat itu, Donald Trump.

Mengomentari serangan terbaru, seorang pejabat koalisi militer internasional pimpinan AS mengatakan sistem pertahanan pangkalan telah menembak jatuh 'dua drone bunuh diri' tanpa insiden berarti.

"Ini adalah serangan berbahaya di bandara sipil," kata pejabat koalisi dalam sebuah pernyataan singkat, dilansir dari Channel News Asia.

Sejauh ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Rekaman koalisi memperlihatkan puing-puing dua drone yang hancur. Terdapat kata-kata di badan drone yang bertuliskan, 'Pembalasan Soleimani.'

Soleimani merupakan kepala unit luar negeri elite Pengawal Revolusi Iran. Ia tewas bersama dengan pemimpin milisi Irak, Abu Mahdi al-Muhandis, pada 3 Januari 2020.

Ratusan pendukung kelompok milisi yang didukung Iran berkumpul pada Minggu kemarin di bandara Baghdad. Mereka memperingati dua tahun kematian Soleimani sembari meneriakkan slogan anti-Amerika.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id