Teladani Umar, Presiden Tunisia Bantu Warga Terdampak Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 07 April 2020 20:01 WIB
    Teladani Umar, Presiden Tunisia Bantu Warga Terdampak Covid-19
    Presiden Tunisia Kais Saied. (Foto: AFP)
    Tunis: Presiden Tunisia Kais Saied berpartisipasi langsung dalam pendistribusian paket bantuan untuk masyarakat di tengah kebijakan penutupan wilayah atau lockdown. Lockdown diterapkan Tunisia dalam membendung penyebaran virus korona (covid-19).

    Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan Saied membawa paket bantuan tanpa dibantu siapapun. Tidak hanya membawa, ia juga mendistribusikan langsung bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi covid-19.

    "Saya mengikuti teladan Umar bin Khattab, yang selalu ikut membantu mengirimkan bantuan kepada masyarakat," katanya dilansir dari Anadolu Agency, Selasa 7 April 2020.

    Umar bin Khattab merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW. Ia dikenal sebagai sosok dermawan yang sering membantu orang miskin lewat bantuan makanan atau kebutuhan pokok lainnya. Umar bin Khattab diriwayatkan sering menyalurkan bantuan seorang diri tanpa dibantu siapapun.

    Tunisia telah memperpanjang lockdown berskala nasional hingga 20 April mendatang. Selain lockdown, Tunisia juga menerapkan aturan jam malam.

    Personel militer dikerahkan Tunisia untuk menegakkan aturan jam malam, yang mulai berlaku sejak pukul 18.00 hingga 06.00 waktu setempat. Seperti lockdown, jam malam juga bertujuan menekan risiko penularan covid-19.

    Hingga Selasa petang, Kementerian Kesehatan Tunisia mengonfirmasi total 596 kasus positif covid-19, dengan 22 pasien meninggal dunia dan lima lainnya dinyatakan sembuh.

    Tunisia merupakan salah satu anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengusulkan pertemuan khusus mengenai covid-19. Rencananya, DK PBB akan menggelar pertemuan tersebut pada Kamis mendatang.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id