Sekjen PBB Berharap Israel Tidak Jadi Aneksasi Tepi Barat

    Marcheilla Ariesta - 24 Juni 2020 19:34 WIB
    Sekjen PBB Berharap Israel Tidak Jadi Aneksasi Tepi Barat
    Sekjen PBB Antonio Guterres. (Foto: AFP).
    New York: Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyampaikan harapannya agar Israel mau mendengar seruan global. Dia juga berharap Israel tidak melakukan aneksasi Tepi Barat yang ada di bawah sistem 'solusi dua negara' Israel-Palestina.

    "Aneksasi tidak hanya melawan hukum internasional, tapi juga menjadi faktor besar dalam ketidakstabilan kawasan," kata Guterres dilansir dari Asharq Al-Awsat, Rabu 24 Juni 2020.

    Dalam pertemuan dengan Dewan Keamanan PBB, isu ini menjadi topik utama. Sekitar 30 persen wilayah Tepi Barat akan diambil Israel berdasarkan rencana perdamaian Timur Tengah ala Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

    Sementara itu, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi juga terus melakukan pendekatan kepada negara lain untuk mendukung penolakan rencana aneksasi Israel di Tepi Barat. Menurut Retno, Indonesia akan terus konsisten mendukung perjuangan rakyat Palestina mempertahankan wilayah mereka.

    Terbaru, Retno mengajak negara-negara ASEAN agar ikut menolak rencana Israel yang sedianya akan dilakukan pada 1 Juli mendatang. Menurut Retno, langkah Israel tersebut merupakan pelanggaran hukum internasional dan resolusi PBB.

    "Saya mengajak negara anggota ASEAN untuk dapat bertindak kolektif mendukung hak-hak Palestina dan menolak rencana aneksasi oleh Israel," katanya.

    Israel telah mengambil wilayah Tepi Barat dari Yordania pada 1967 silam dalam perang Timur Tengah. Mereka membangun permukiman yang kini ditinggali hampir 500 ribu warga Israel.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id