Iran akan Tindak Tegas Penyalahgunaan Nuklir

    Marcheilla Ariesta - 16 Juli 2020 19:34 WIB
    Iran akan Tindak Tegas Penyalahgunaan Nuklir
    Iran peringati 5 tahun kesepakatan JCPOA. Foto: AFP.
    Jakarta: Kedutaan Besar Iran di Jakarta menegaskan negaranya akan menindak tegas setiap langkah yang dirasa tidak bertanggung jawab berkaitan dengan kesepakatan nuklir (JCPOA). Pernyataan ini disampaikan memperingati lima tahunnya JCPOA disepakati.

    Iran menegaskan, modal internasional, hukum, teknis, strategi, dan politik dari JCPOA telah sangat terkikis pada peringatan tahun kelima ini karena tindakan Amerika Serikat. 

    "Ketidakpatuhan pemerintah AS terhadap kewajiban di bawah resolusi 2231, dan tiadanya keinginan pihak-pihak lain untuk mengembalikan keseimbangan yang hilang pada JCPOA telah mempersulit situasi saat ini," kata Kedutaan Iran di Jakarta dalam pernyataan yang diterima Medcom.id, Kamis, 16 Juli 2020.

    Meski demikian, Iran mengapresiasi Tiongkok dan Rusia karena kebijakan konstruktif mereka untuk melindungi JCPOA. Iran juga mendesak tiga negara Eropa penandatangan JCPOA untuk mematuhi komitmen mereka atas kesepakatan ini.

    "Iran menegaskan kembali kesiapannya untuk mempertahankan dan sepenuhnya mengimplementasikan seluruh ketentuan JCPOA oleh semua pihak dalam perjanjian ini, khususnya terkait pentingnya bagi Iran untuk mendapatkan manfaat penuh dari hasil ekonomi mekanisme pencabutan sanksi seperti yang ditentukankan dalam JCPOA," ujarnya.

    "Iran juga siap untuk ambil tindakan tegas terhadap keinginan yang berlebihan dan langkah-langkah yang tidak bertanggung jawab. Republik Islam Iran sangat mendesak ketiga negara Eropa untuk mematuhi komitmen mereka, dan mempersiapkan kondisi yang baik bagi perlindungan dan pelaksanaan penuh JCPOA dari pada mengikuti arah kebijakan tekanan maksimum AS," pungkas mereka.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id