comscore

Polisi Israel Mundur dari Upaya Pengusiran Warga Palestina di Sheikh Jarrah

Fajar Nugraha - 19 Januari 2022 09:06 WIB
Polisi Israel Mundur dari Upaya Pengusiran Warga Palestina di Sheikh Jarrah
Anggota keluarga Salhiya naik ke atap gedung di Sheikh Jarrah. Foto: AFP
Yerusalem: Polisi Israel pada Selasa 18 Januari 2022 mundur dari upaya untuk mengusir warga Palestina dari rumah mereka di distrik yang menjadi titik nyala di Yerusalem. Anggota keluarga telah mengancam bakar diri sebagai tanggapan atas upaya penggusuran, yang memicu kebuntuan.

Keluarga Salhiya telah menghadapi ancaman pengusiran dari rumah mereka di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem timur yang dicaplok Israel sejak 2017. Tanah tempat rumah mereka dialokasikan untuk pembangunan sekolah.
Kemarahan di Sheikh Jarrah di mana keluarga menentang perintah penggusuran memicu perang 11 hari antara Israel dan faksi bersenjata Palestina di Gaza tahun lalu.

Ketika polisi datang untuk melaksanakan perintah penggusuran pada Senin, anggota keluarga Salhiya naik ke atap gedung dengan tabung gas. Mereka mengancam akan membakar isi dan diri mereka sendiri jika dipaksa keluar dari rumah.

Kebuntuan selama berjam-jam pun terjadi, di mana delegasi diplomat Eropa mengunjungi situs tersebut. Sven Kuehn von Burgsdorff, kepala misi Uni Eropa untuk Tepi Barat dan Jalur Gaza, mengatakan kepada AFP pada Senin bahwa "di wilayah pendudukan, penggusuran merupakan pelanggaran hukum humaniter internasional".

“Pada Selasa, polisi yang dikirim untuk penggusuran telah dipindahkan tetapi anak-anak dari keluarga Salhiya tetap berada di atap dengan tabung gas,” kata ayah mereka Mahmud kepada AFP, Rabu 19 Januari 2022.

Polisi Israel Mundur dari Upaya Pengusiran Warga Palestina di Sheikh Jarrah
Keluarga Salhiya memeriksa kerusakan di sekitar rumah mereka. Foto: AFP


Menurutnya, tidak ada kesepakatan atau kesepahaman yang dicapai, tetapi pengacara keluarga mengajukan petisi ke Mahkamah Agung pada hari Selasa untuk membatalkan perintah penggusuran.

“Puluhan pendukung sementara itu berkemah di api unggun kecil di sekitar rumah,” ujar seorang reporter AFP.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id