Sekjen PBB Peringatkan Afrika Atas Ancaman Pandemi Covid-19

    Arpan Rahman - 21 Mei 2020 17:07 WIB
    Sekjen PBB Peringatkan Afrika Atas Ancaman Pandemi Covid-19
    Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Guterres. Foto: AFP
    New York: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Antonio Guterres memperingatkan Rabu bahwa pandemi virus korona mengancam kemajuan ekonomi Afrika. Selain itu dapat memaksa jutaan orang ke dalam kemiskinan ekstrem ketika jumlah kasus di seluruh dunia mendekati 5 juta.

    Dalam pesan video yang diposting ke akun Twitter-nya untuk meluncurkan laporan kebijakan baru tentang dampak covid-19 di Afrika, Guterres mengatakan negara-negara Afrika dengan cepat menanggapi penyebaran virus yang mengakibatkan lebih sedikit kasus daripada yang mereka takutkan.

    Sejak kasus pertama covid-19 tercatat di Mesir pada 14 Februari, virus telah menginfeksi setiap negara Afrika, menghasilkan lebih dari 84.000 infeksi dan 2.500 kematian.

    Namun, tiga perempat dari negara-negara Afrika mencatat kurang dari 1.000 kasus, tetapi angka-angka itu tidak mewakili tantangan yang dihadapi benua tersebut, kata laporan singkat itu.

    "Pandemi mengancam kemajuan Afrika. Ini akan memperburuk ketidaksetaraan yang sudah berlangsung lama dan meningkatkan kelaparan, kekurangan gizi, dan kerentanan terhadap penyakit," kata Guterres, disitat dari UPI, Kamis, 21 Mei 2020.

    Pandemi telah menyebabkan permintaan untuk komoditas Afrika, pariwisata, dan pengiriman uang menurun dan zona perdagangan ekonomi benua ditutup.

    "Jutaan orang bisa terdorong ke dalam kemiskinan ekstrem," katanya.

    Menurut laporan itu, jumlah kasus yang relatif rendah dibandingkan dengan kawasan lain telah meningkatkan harapan bahwa negara-negara Afrika mungkin telah melewatkan pandemi terburuk. Tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa virus itu dapat membunuh antara 83.000 dan 190.000 orang Afrika tergantung pada tanggapan masing-masing pemerintah  .

    "WHO telah menyatakan bahwa virus dan dampaknya dapat 'membara' selama beberapa tahun," katanya.

    Guterres memuji para pemimpin pemerintah Afrika atas upaya mereka dalam perang melawan covid-19 tetapi meminta masyarakat internasional untuk memperkuat sistem kesehatan benua, mempertahankan persediaan makanan, mendukung pendidikan, melindungi pekerjaan, mengarahkannya dari krisis keuangan, dan ‘menahannya’ melawan  kehilangan pendapatan dan pendapatan ekspor.

    Dia katakan berbagai negara juga harus menawarkan negara-negara Afrika akses cepat, setara, dan terjangkau untuk setiap vaksin atau perawatan, yang harus dilihat sebagai komoditas publik.

    Guterres telah menyerukan paket respons global buat memerangi virus yang menyamai minimal 10 persen dari produk domestik bruto dunia, di mana setidaknya USD200 miliar akan dikucurkan ke Afrika untuk meringankan masalah ekonomi dan sosial yang disebabkan oleh pandemi.

    Dalam video Rabu, ia mendesak untuk kerangka kerja utang komprehensif yang terdiri dari "penghentian utang lintas negara bagi negara-negara yang tidak dapat melayani utang mereka diikuti penghapusan utang yang ditargetkan dan pendekatan komprehensif untuk masalah struktural dalam arsitektur utang internasional demi mencegah gagal bayar (default)."

    Peringatan Guterres datang ketika jumlah kasus covid-19 merayap mendekati 5 juta di seluruh dunia, menurut pelacak langsung virus oleh Johns Hopkins University.

    Virus ini pertama kali terdeteksi di pusat kota Wuhan di Tiongkok akhir tahun lalu dan sejak itu menyebar ke seluruh dunia. Universitas Johns Hopkins pada Kamis 21 Mei 2020 menyebutkan virus ini telah menginfeksi warga dunia hingga 5.000.561 orang dan menyebabkan 328.191 kematian. Adapun warga yang sembuh mencapai 1.899.675 orang.




    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id