Houthi Konfirmasi Operasi Berskala Besar di Tanah Saudi

    Willy Haryono - 23 Juni 2020 13:06 WIB
    Houthi Konfirmasi Operasi Berskala Besar di Tanah Saudi
    Jubir militer Houthi Brigadir Jenderal Yahya Saree. (Foto: AFP)
    Sanaa: Pemberontak Houthi di Yaman mengonfirmasi jalannya sebuah operasi militer berskala besar di tanah Arab Saudi. Pernyataan disampaikan usai terdengarnya suara ledakan di ibu kota Saudi, Riyadh, yang diduga berasal dari serangan misil.

    Baca: Ledakan Terdengar di Riyadh, Diduga dari Serangan Misil

    "Kami sedang melakukan operasi berskala besar di dalam wilayah Arab Saudi," kata juru bicara militer Houthi Brigadir Jenderal Yahya Saree dalam konferensi pers pada Selasa 23 Juni 2020.

    "Detail operasi akan disampaikan dalam keterangan selanjutnya hari ini," sambungnya, dikutip dari laman Mehr News Agency.

    Media lokal Saudi melaporkan bahwa Pertahanan Udara Kerajaan telah mencegat dan menghancurkan tiga misil balistik yang diduga kuat diluncurkan Houthi. Saudi juga mengklaim telah berhasil menghancurkan delapan pesawat tanpa awak (drone) milik Houthi.

    Laporan di media lokal Saudi menyebutkan bahwa sejumlah misil ditembakkan dari kota Sa'dah di Yaman menuju Riyadh dan beberapa kota di provinsi Najran serta Jazan. Peluncuran misil dilakukan pada Senin 22 Juni malam waktu setempat.

    Sebelumnya, saluran televisi al-Alam mengutip beberapa keterangan aktivis Saudi, yang mengaku mendengar suara ledakan kencang di Riyadh pada Selasa pagi.

    Saudi dan sejumlah sekutu regionalnya mengintervensi konflik Yaman pada Maret 2015 dengan menjadikan Houthi sebagai sasaran utama. Koalisi pimpinan Saudi bertekad menghancurkan Houthi dan mengembalikan Abedrabbo Mansour Hadi sebagai presiden sah di Yaman.

    Menurut data organisasi nirlaba ACLED, perang di Yaman telah menewaskan lebih dari 100 ribu orang dalam lima tahun terakhir.

    Lebih dari separuh rumah sakit dan klinik d Yaman hancur atau ditutup setelah koalisi Saudi mengintervensi. Koalisi tersebut didukung Inggris, Amerika Serikat, dan beberapa negara Barat lainnya.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id