Coba Masuk ke Mekkah Tanpa Izin, 936 Orang Ditangkap

    Fajar Nugraha - 30 Juli 2020 17:09 WIB
    Coba Masuk ke Mekkah Tanpa Izin, 936 Orang Ditangkap
    Hanya mereka yang mendapatkan izin bisa masuk ke Mekkah saat musim haji. Foto: AFP
    Mekkah: Pihak berwenang Arab Saudi menangkap 936 orang yang mencoba memasuki situs-situs suci selama haji tanpa izin. Mereka diproses oleh Direktorat Jenderal Keamanan Publik.

    “Pihak berwenang mengambil tindakan yang diperlukan terhadap mereka. Ini termasuk menerapkan denda yang diumumkan sebelumnya,” ujar pihak Komando Pasukan Keamanan Haji, seperti dikutip Arab News, Kamis 30 Juli 2020.

    Jemaah calon haji memulai hari pertama ibadah pada  Rabu di tengah keamanan yang meningkat dan tindakan pencegahan ketat terkait virus korona.

    Pihak kerajaan telah mengumumkan pada Juni bahwa haji tahun ini akan dilakukan terbatas.

    Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan suatu keharusan bagi umat Islam yang bertubuh sehat setidaknya sekali seumur hidup. Kira-kira, 2,5 juta jamaah haji biasanya mengunjungi situs-situs Islam paling suci di Mekah dan Madinah selama haji selama seminggu.


    Denda bagi pelanggar


    Kerajaan telah mengumumkan pada awal bulan itu beberapa hukuman karena melanggar pembatasan pada haji terbatas tahun ini, termasuk 10.000 denda riyal Arab Saudi atau sekitar Rp38 juta bagi mereka yang memasuki situs-situs suci di Mekkah tanpa izin selama haji. Pelanggar berulang akan didenda dua kali jumlahnya.

    Adapun mereka yang secara ilegal mengangkut jemaah haji yang belum disetujui untuk melakukan haji tahun ini, para pejabat keamanan menyoroti bahwa ada beberapa tingkatan hukuman mereka.

    Untuk pelanggaran pertama selain dipenjara 15 hari dan didenda hingga 10.000 riyal untuk setiap jemaah tidak sah yang dibawa. Jika dia seorang warga asing, makan akan dideportasi setelah menyelesaikan hukumannya dan dilarang memasuki kembali ke Arab Saudi. Kendaraannya pun juga akan disita.

    Jika pelanggar mengulangi pelanggaran untuk kedua kalinya, ia akan dipenjara selama dua bulan dan didenda 25.000 riyal atau sekitar Rp97 juta untuk setiap jemaah tidak sah yang diangkutnya. Pelanggar juga akan dideportasi.

    Apabila pelanggar mengulangi pelanggaran untuk ketiga kalinya, ia akan dipenjara untuk jangka waktu enam bulan dan didenda tidak lebih dari 50.000 riyal atau sekitar Rp194 juta untuk setiap jemaah tidak sah yang diangkutnya. Serupa dengan denda sebelumnya, jika pelaku adalah warga asing maka akan dideportasi dan dilarang masuk ke Arab Saudi.


    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id