Enam Warga Prancis Tewas dalam Serangan di Niger

    Willy Haryono - 10 Agustus 2020 07:20 WIB
    Enam Warga Prancis Tewas dalam Serangan di Niger
    Prajurit Nigeria berpatroli di dekat perbatasan Mali. (Foto: AFP)
    Tillaberi: Sekelompok individu bersenjata menyerang tim relawan di wilayah Tillaberi, Niger, Minggu 9 Agustus. Serangan menewaskan delapan orang, yang terdiri dari enam warga Prancis, seorang pemandu lokal dan satu sopir.

    Gubernur Tillabri, Tidjani Ibrahim, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa para penyerang datang dengan menggunakan sepeda motor. Serangan terjadi di Koure, sebuah wilayah yang sering didatangi turis yang ingin melihat kawanan jerapah di Afrika Barat.

    Kantor kepresidenan Prancis mengonfirmasi kematian enam warganya di Niger. Menteri Pertahanan Niger Issoufou Katambe mengatakan, keenam warga Prancis itu bekerja untuk sebuah grup relawan internasional. Sebelumnya, keenam relawan sempat diidentifikasi sebagai turis.

    ACTED, organisasi nirlaba asal Prancis, mengonfirmasi bahwa sejumlah staf mereka terlibat dalam insiden di Niger. Presiden Prancis Emmanuel Macron juga telah berbicara dengan Presiden Niger Mahamadou Issoufou.

    Dalam sejumlah foto, terlihat jasad korban tergeletak di pinggir sebuah kendaraan yang terparkir di pinggir jalan. Kendaraan tersebut terlihat seperti hangus terbakar.

    Serangan terjadi sekitar pukul 11.30 waktu setempat di wilayah timur Koure, yang dapat ditempuh dalam satu jam perjalanan dari ibu kota Niamey.

    Belum diketahui siapa yang bertanggung jawab atas serangan ini, namun sejumlah grup ekstremis diketahui aktif di Niger. Salah satu grup yang sering beraksi di Niger adalah Boko Haram.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id