Kebakaran Landa Bangunan Ternama di Pusat Kota Beirut

    Willy Haryono - 15 September 2020 15:02 WIB
    Kebakaran Landa Bangunan Ternama di Pusat Kota Beirut
    Ilustrasi pemadaman api. (Foto: Medcom.id)
    Beirut: Kebakaran melanda sebuah bangunan ternama di jantung kota Beirut, Lebanon, Selasa 15 September 2020. Video di media sosial memperlihatkan petugas pemadam berusaha menjinakkan kobaran api di gedung Zaha Hadid, yang terletak di samping hotel Hilton.

    Kerumunan warga berkumpul di sekitar bangunan yang didesain arsitek ternama Dame Zaha Hadid. Beberapa bagian dinding eksternal gedung itu terlihat roboh akibat intensnya kobaran api.

    Kelompok Pertahanan Sipil Lebanon mengumumkan bahwa kebakaran di gedung Zaha Hadid telah berhasil dikendalikan. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa maupun luka.

    Ini merupakan kali kedua dalam kurun waktu kurang dari sepekan sejak terjadinya kebakaran besar di Beirut. Kamis pekan kemarin, kebakaran melanda sebuah gudang di pelabuhan Beirut yang menyimpan barang-barang bantuan kemanusiaan.

    Zaha Hadid, gedung komersial yang didesain arsitek keturunan Inggris-Irak, terus dibangun dalam beberapa tahun terakhir. Kebakaran ini melanda saat pembangunan gedung tersebut hampir selesai 100 persen.

    Ibu kota Lebanon masih berusaha bangkit dari ledakan yang menewaskan hampir 200 orang dan melukai 6.000 lainnya pada 4 Agustus. Ledakan itu menghancurkan sebagian wilayah Beirut dan membuat sekitar 300 ribu warga kehilangan tempat tinggal.

    Sabtu kemarin, asap masih terlihat dari area pelabuhan Beirut yang hancur berantakan, satu hari usai petugas pemadam memadamkan api dari area gudang. Kebakaran di area gudang itu sempat mengembalikan kenangan buruk warga atas ledakan di awal Agustus.

    Hingga saat ini otoritas Lebanon belum mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran di gedung Zaha Hadid dan di gudang pelabuhan Beirut.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id