Gempa Bumi Magnitudo 5,3 Guncang Irak Utara

    Willy Haryono - 07 April 2021 13:11 WIB
    Gempa Bumi Magnitudo 5,3 Guncang Irak Utara
    ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)



    Sulaymaniyah: Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang area Sulaymaniyah, Irak utara pada Selasa malam waktu setempat. Menurut catatan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), dilansir dari laman Yeni Safak pada Rabu, 7 April 2021, guncangan terjadi sekitar pukul 18.12 waktu setempat dengan episentrum berlokasi di distrik Baynijwayn, Sulaymaniyah.

    Pada 2017, guncangan dahsyat berkekuatan magnitudo 7,2 mengguncang perbatasan Irak dan Iran. Jumlah korban tewas gabungan dalam bencana alam tersebut mencapai 630 orang.






    Gempa dahsyat tersebut juga melukai lebih dari 8.100 orang di Irak dan Iran.

    USGS mencatat gempa kala itu berpusat 30 kilometer dari barat daya Halabja, dekat perbatasan timur laut Iran. Gempa tersebut melanda daerah pegunungan Sulaimaniyah pada pukul 21.18 waktu setempat pada kedalaman 25 km.

    Getaran juga terasa selama 20 detik di Baghdad, ibu kota Irak, serta di provinsi lainnya di Irak. Di Provinsi Sulaimaniyah, yang terletak di wilayah Kurdistan, Irak, warga berlarian ke jalan saat gempa mengguncang dan ada beberapa kerusakan pada bangunan.
     
    Salah satu stasiun TV di Irak melaporkan aliran listrik telah diputus dan tim penyelamat telah dikirim ke daerah pusat gempa. Seorang pejabat dari Departemen Meteorologi Irak mengatakan, gempa tersebut hampir dirasakan ke seluruh provinsi di Irak.

    Baca:  Tak Ada Korban WNI dalam Gempa Perbatasan Iran-Irak

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id