Israel Dikabarkan Tolak Proposal Gencatan Senjata PBB

    Willy Haryono - 12 Mei 2021 15:21 WIB
    Israel Dikabarkan Tolak Proposal Gencatan Senjata PBB
    Prajurit Israel menembakkan gas air mata dalam menghadapi demonstran Palestina di Yerusalem pada 11 Mei 2021. (ABBAS MOMANI / AFP)



    Gaza: Israel telah menolak sebuah proposal gencatan senjata dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menurut keterangan seorang sumber Palestina kepada kantor berita Anadolu Agency pada Rabu, 12 Mei 2021. Ia mengatakan proposal diberikan Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, Tor Wennesland, kepada Israel dan juga kelompok Hamas.

    "Proposal berisi seruan gencatan senjata, namun Israel menolaknya," ucap sumber tersebut.

     



    Ia mengatakan Hamas tidak merespons proposal Wennesland karena Israel sudah menolaknya terlebih dahulu. Dalam proposal Wennesland disebutkan bahwa situasi saat ini dapat berubah menjadi "perang komprehensif" jika gencatan senjata tidak segera diterapkan.

    Konflik terbaru dipicu ketegangan antara Palestina dan Israel atas beragam isu dalam beberapa pekan terakhir, termasuk rencana penggusuran sejumlah keluarga di Sheikh Jarrah dan penyerbuan pasukan keamanan di kompleks Masjid Al-Aqsa.

    Ketegangan kemudian meningkat menjadi aksi saling serang antara Israel dah Hamas yang melibatkan peluncuran roket dan serangan udara. Menurut data terbaru Kementerian Kesehatan Gaza, korban tewas serangan udara Israel telah bertambah menjadi 35 orang dengan 220 lainnya mengalami luka-luka.

    Sementara di kubu Israel, jumlah korban tewas serangan Hamas mencapai lima orang dengan 45 korban luka. Ini merupakan pertempuran tersengit antara Israel dan Hamas sejak 2014.

    Di Israel, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa kelompok Hamas "akan membayar harga yang sangat mahal" atas aksi kekerasan mereka terhadap Israel, termasuk peluncuran sejumlah roket dari Jalur Gaza.

    "Hamas dan Islamic Jihad akan membayar harga yang sangat mahal atas sikap agresif mereka," ucap Netanyahu.

    Baca:  PM Netanyahu Tegaskan Israel akan Terus Menyerang Hamas

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id