Militer Lebanon ‘Tembak Jatuh' Drone Israel

    Fajar Nugraha - 11 September 2020 08:03 WIB
    Militer Lebanon ‘Tembak Jatuh' Drone Israel
    Kendaraan milik pasukan perdamaian PBB di Lebanon lakukan pengawasan. Foto: AFP
    Beirut: Militer Lebanon mengatakan telah menembak jatuh pesawat tak berawak atau drone milik Israel di dalam wilayah Lebanon pada Kamis 10 September 2020. Sementara Israel mengonfirmasi telah kehilangan sebuah pesawat tak berawak.

    Tanpa mengonfirmasi klaim militer Lebanon, militer Israel mengatakan bahwa salah satu drone jatuh di Lebanon selama ‘aktivitas operasional’.

    "Tidak ada risiko pelanggaran informasi," kata seorang juru bicara militer Israel, seperti dikutip The National, Jumat 11 September 2020.

    Tentara Lebanon mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat tak berawak itu "menembus wilayah udara Lebanon di atas kota Aita Al Shaab dan ditembak jatuh oleh anggota salah satu pos militer."

    Kejadian serupa terjadi sekitar dua minggu lalu. Israel dilaporkan  melanggar kedaulatan Lebanon hampir setiap hari dengan penerbangan berlebihan dan pengintaian drone serta pelanggaran angkatan laut.

    Pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL), mencatat penerbangan dan pemerintah Lebanon juga mengajukan pengaduan rutin ke PBB, tetapi hanya sedikit yang telah dilakukan untuk membatasi pelanggaran.

    Setelah insiden tahun lalu di mana Israel disalahkan setelah drone meledak di pinggiran selatan Beirut, Hizbullah mengatakan akan menanggapi pelanggaran tersebut.

    Militer Lebanon juga mengatakan akan mulai mengambil sikap yang lebih kuat terhadap aktivitas semacam itu dan mencoba menembak jatuh drone Israel. Namun, militer Lebanon -,yang mengandalkan sumbangan AS, Prancis, dan Inggris untuk sebagian besar peralatannya,- tidak memiliki perangkat keras yang dapat menimbulkan ancaman signifikan bagi Angkatan Udara Israel.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id