Dubes Italia Tewas Diserang dalam Konvoi PBB di RD Kongo

    Marcheilla Ariesta - 22 Februari 2021 20:06 WIB
    Dubes Italia Tewas Diserang dalam Konvoi PBB di RD Kongo
    Dubes Italia untuk RD Kongo, Luca Attanasio, tewas dalam serangan bersama konvoi PBB. Foto: Getty Images.
    Goma: Duta Besar Italia untuk Republik Demokratik (RD) Kongo dan dua orang lainnya tewas dalam penyerangan terhadap iring-iringan rombongan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di timur negara tersebut. Penyerangan terjadi pada pukul 10.15 waktu setempat.

    Pelaku penyerangan mencoba menculik orang-orang di rombongan tersebut. Insiden ini terjadi di dekat kota Kanyamahoro, sebelah utara ibu kota Goma.

    Dubes Italia, Luca Attanasio, dan seorang polisi militer yang bepergian bersamanya, tewas dalam serangan. Tewasnya Attanasio diumumkan Kementerian Luar Negeri Italia.

    "Dengan kesedihan mendalam, Kementerian Luar Negeri mengonfirmasi kematian Duta Besar Italia untuk RD Kongo dan seorang polisi dari Carabinieri pada hari ini," kata pernyataan Kemenlu Italia, dilansir dari The Guardian, Senin, 22 Februari 2021.

    "Duta besar dan tentara itu bepergian dengan mobil dalam konvoi Monusco, Misi Stabilisasi Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa di RD Kongo," kata mereka.

    Baca juga: 2 ABK WNI Dipulangkan Setelah Ditahan di Libya

    Attanasio dilaporkan meninggal di rumah sakit Monusco di Goma. Menurut situs Kemenlu Italia, Attanasio menjadi kepala misi Italia di Kinshasa sejak 2017 dan diangkat menjadi dubes pada 2019.

    Belasan kelompok bersenjata masih beroperasi di dan sekitar Virunga. Wilayah ini terletak di sepanjang perbatasan RD Kongo dengan Rwanda dan Uganda.

    Penjaga taman nasional di wilayah tersebut telah berulang kali diserang, termasuk enam orang yang tewas dalam penyergapan bulan lalu.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id