Kapal Kargo Raksasa Terbebas, Terusan Suez Dibuka Kembali

    Willy Haryono - 30 Maret 2021 06:55 WIB
    Kapal Kargo Raksasa Terbebas, Terusan Suez Dibuka Kembali
    Kapal Ever Given terbebas sepenuhnya di Terusan Suez, Mesir, pada 29 Maret 2021. (Ahmad HASSAN / AFP)



    Suez: Lalu lintas di Terusan Suez dibuka kembali setelah kapal kargo raksasa Ever Given yang tersangkut sejak Selasa pekan kemarin akhirnya terbebas pada Senin, 29 Maret 2021. Sejumlah kapal tongkang membunyikan klakson dalam merayakan terbebasnya Ever Given, kapal dengan panjang 400 meter dan bobot 200 ribu ton.

    Peter Berdowski, CEO perusahaan Boskalis, mengatakan bahwa Ever Given kembali mengambang sepenuhnya pada Senin pukul 15.05 waktu setempat.

     



    "Pelayaran di Terusan Suez sudah dapat berlanjut seperti biasa," kata Berdowski, dilansir dari laman BBC pada Selasa, 30 Maret 2021.

    Otoritas Mesir mengatakan, ratusan kapal yang mengantre sejak pekan kemarin akan satu per satu melewati Terusan Suez. Diperkirakan antrean kapal tersebut akan dapat diselesaikan sekitar tiga hari ke depan.

    Namun sejumlah pakar meyakini efek dari krisis Terusan Suez terhadap pelayaran global baru akan pulih dalam hitungan pekan atau bulan.

    Baca:  321 Kapal Terjebak 'Kemacetan Lalu Lintas' di Terusan Suez

    Tim spesialis asal Belanda, SMIT, sebelumnya telah mengerahkan 13 kapal tongkang ke Terusan Suez. Belasan kapal kecil namun kuat tersebut berusaha keras membebaskan Ever Given.

    Operasi pembebasan juga dibantu sejumlah kapal pengeruk, yang telah mengeruk 30 ribu meter kubik lumpur dan pasir dari bawah badan Ever Given.

    Akhir pekan kemarin, otoritas Mesir sempat mempersiapkan rencana membongkar muatan Ever Given untuk mengurangi bobotnya. Namun "skenario ketiga" tersebut tidak jadi dilaksanakan.

    Ever Given kini ditarik ke Great Bitter Lake, area yang terletak antara dua bagian Terusan Suez, untuk menjalani pemeriksaan keamanan.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id