Yoweri Museveni Jadi Presiden Uganda untuk Kali Keenam

    Willy Haryono - 17 Januari 2021 10:11 WIB
    Yoweri Museveni Jadi Presiden Uganda untuk Kali Keenam
    Presiden Uganda Yoweri Museveni telah berkuasa sejak 1986. (AFP/Getty/Badru Katumba)



    Kampala: Yoweri Museveni, tokoh yang telah berkuasa sejak lama di Uganda, kembali terpilih sebagai presiden untuk kali keenam dalam pemilihan umum terbaru. Kemenangan Museveni terjadi di tengah tudingan kecurangan dari rival utamanya, Bobi Wine.

    Komisi Elektoral Uganda menyatakan Museveni sebagai pemenang pemilu dengan raihan 59 persen suara, sementara Wine hanya 35 persen.






    "Pemilu pada Kamis kemarin menjadi pemilu paling bebas kecurangan dalam sejarah Uganda," ucap Museveni, dilansir dari laman BBC pada Minggu, 17 Januari 2021.

    Wine, mantan penyanyi pop, berjanji menyuguhkan bukti-bukti kecurangan saat jaringan internet di Uganda sudah kembali pulih. Menjelang pemilu di Uganda, pemerintahan Museveni mematikan seluruh jaringan internet di seantero negeri, sebuah langkah yang dikecam sejumlah grup pengawas.

    Tim kampanye Wine menilai pemutusan jaringan internet selama berhari-hari telah merusak kepercayaan warga Uganda terhadap proses pemilu, termasuk penghitungan suara. Menurut keterangan seorang menteri Uganda kepada BBC, jaringan internet akan dipulihkan dalam "waktu dekat."

    Dalam wawancara telepon dengan BBC, Wine dan istrinya mengaku tidak diizinkan keluar dari rumah oleh sekelompok prajurit.

    "Tidak ada satu orang pun yang boleh keluar masuk dari rumah kami. Semua jurnalis, lokal maupun internasional, dilarang mendatangi rumah saya," ujar Wine.

    Puluhan orang tewas dalam rangkaian aksi kekerasan menjelang pemilu di Uganda. Kubu oposisi menuduh pemerintah turut berperan di balik rangkaian aksi kekerasan tersebut.

    Baca:  Kerusuhan Dua Hari Tewaskan 16 Warga di Uganda

    Hasil pemilu Uganda mengantarkan Museveni ke periode keenam untuk lima tahun ke depan. Berkuasa sejak 1986, pria 76 tahun itu mengklaim sebagai sosok yang merepresentasikan stabilitas di Uganda.

    Sementara Wine, yang merupakan nama panggung dari Robert Kyagulanyi, mengaku sebagai perwakilan pemuda di Uganda. Uganda adalah salah satu negara "termuda" di dunia, dengan rata-rata usia populasinya adalah 16 tahun.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id